PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MATERI MEMBILANG BENDA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Authors

  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3702

Keywords:

Media busy book, tunagrahita ringan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Busy Book untuk materi membilang benda 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan. Proses pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap diantaranya: Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan, intrumen dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap diantaranya lembar validasi media pembelajaran Busy Book, lembar angket respon peserta didik atau orang tua, dan lembar tes hasil belajar. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 anak tunagrahita ringan dengan gelaja Down Syndrom, Slow Learner, dan tunagrahita yang mengalami kesulitan membilang benda. Berdasarkan hasil analisis data dan uji coba dalam penelitian ini dilakkan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran  Busy Book  untuk  materi  membilang benda memenuhi  kriteria baik. Kriteria tersebut diantaranya: a) hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan validator memperoleh nilai presentase rata- rata 86,5% yang dapat dikategorikan sangat baik, b) media pembelajaran dikatakan praktis apabila para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi, c) dikategorikan efeektif dengan memperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal 100% dan hasil nilai presentase angket respon peserta didik atau orang tua terdapat media pembelajaran  Busy Book sebesar 90,66%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Busy Book ini efektif digunakan dalam pembelajaran untuk anak tunagrahita ringan.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Bakhtiar, A. M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MATERI MEMBILANG BENDA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(1), 103–108. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3702

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.