Pengembangan Trigonomatchtri Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Trigonometri SMA

  • Zuhadur Ra'is Ariyono Putra Universitas Negeri Malang
  • Abd. Qohar Universitas Negeri Malang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang disebut Trigonomatchtri, yaitu sebuah inovasi permainan kartu dengan muatan materi trigonometri. Media ini diharapkan valid dan praktis untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran materi Trigonometri di SMA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas 11 SMA Dharma Wanita Surabaya. Uji validitas dilakukan oleh 3 validator dengan hasil validasi media sebesar 3,48 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan dilakukan melalui observasi guru mata pelajaran matematika dan angket respon siswa. Diperoleh hasil skor kepraktisan sebesar 3,275 kategori sangat praktis. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan penelitian ini ialah media Trigonomatchtri yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dan  praktis sebagai media latihan siswa pada materi Trigonometri.


 



Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2023
How to Cite
PUTRA, Zuhadur Ra'is Ariyono; QOHAR, Abd.. Pengembangan Trigonomatchtri Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Trigonometri SMA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 29, n. 1, p. 1-8, jan. 2023. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4747>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.4747.