Pengembangan Trigonomatchtri Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Trigonometri SMA

Authors

  • Zuhadur Ra'is Ariyono Putra Universitas Negeri Malang
  • Abd. Qohar Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.4747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang disebut Trigonomatchtri, yaitu sebuah inovasi permainan kartu dengan muatan materi trigonometri. Media ini diharapkan valid dan praktis untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran materi Trigonometri di SMA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas 11 SMA Dharma Wanita Surabaya. Uji validitas dilakukan oleh 3 validator dengan hasil validasi media sebesar 3,48 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan dilakukan melalui observasi guru mata pelajaran matematika dan angket respon siswa. Diperoleh hasil skor kepraktisan sebesar 3,275 kategori sangat praktis. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan penelitian ini ialah media Trigonomatchtri yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dan  praktis sebagai media latihan siswa pada materi Trigonometri.

 

References

Aprinastuti, C. (2020). Developing Mathematical Literacy by Implementing Traditional Games. 642–647. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.081
Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785
Gunadi, F. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Mencapai Target Hasil Belajar Trigonometri. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.86
Larasati, Dwi,, Poedjiastoeti, S. (2016). PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU DOMINO KIMIA SEBAGAI MEDIA DEVELOPMENT OF DOMINO CHEMISTRY CARD GAMES ON THE SUBJECT Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap studi pengembangan yaitu uji The aim of this research is to determine the eligibility of Domi. Journal of Chemical Education, 5(1), 115–119.
Mulyatiningsih, E. (2012). Riset Terapan. UNY Press.
Nengsih, R. F., & Rochmawati, R. (2014). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9140/9090
Noptianus, A., & Ihsan, I. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri dengan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA. Journals of Mathematics Education, 1(1), 29–41.
Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kontekstual melalui Metode Guided Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 31–44.
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2013). Permen 68 thn 2013 Struktur kurikulum. 2013–2015.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.
Puspendik, K. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/
Putra, Z. R. A., & Wintarti, A. (2020). DEVELOPMENT STUDENT’S WORKSHEETS SOLID CURVED SURFACE BASED ON AUGMENTED REALITY. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 23–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36815/majamath.v4i1.896
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Kartu Domano (Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75
Siswono, T. . (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. PT.Remaja Rosdakarya.
Sugano, S. G. C., & Mamolo, L. A. (2021). The effects of teaching methodologies on students’ attitude and motivation: A meta-analysis. International Journal of Instruction, 14(3), 827–846. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14348a
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT.Remaja Rosdakarya.
Susanti, E., & Kumawati, S. (2020). Learning with Mak Karjo Media to Increase Student Motivation for Learning Materials Trigonometry High School Students. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 537–541. https://doi.org/10.14421/icse.v3.558
Syafik, A. (2012). Permaina Matematika Sebagai Metode Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal LIMIT-Pendidikan Matematika, 2, 21–36.
Turkay, S., Adinolf, S., & Tirthali, D. (2012). Collectible Card Games as Learning Tools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3701–3705. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.130
Yu, S. J., Hsueh, Y. L., Sun, J. C. Y., & Liu, H. Z. (2021). Developing an intelligent virtual reality interactive system based on the ADDIE model for learning pour-over coffee brewing. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2, 100030. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100030
Zippert, E. L., Douglas, A. A., Smith, M. R., & Rittle-Johnson, B. (2020). Preschoolers’ broad mathematics experiences with parents during play. Journal of Experimental Child Psychology, 192(December). https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.104757

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Putra, Z. R. A., & Qohar, A. (2023). Pengembangan Trigonomatchtri Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Trigonometri SMA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 1–8. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.4747