Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Persamaan Garis Lurus di SMPN 2 Peukan

Authors

  • Safriati Safriati SMPN 2 Peukan Pidie, Aceh Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v27i2.2260

Keywords:

penelitian pengembangan; discovery learning; pemahaman konsep; Geogebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan Geogebra yang efektif dalam meningkattkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Kriteria efektif bersandar pada teori intervensi pembelajaran yang meliputi adanya peningkatan capaian hasil belajar setelah intervensi, adanya respon positif siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlibatan (engagement) siswa yang tinggi dalam pembelajaran, serta diperoleh lebih dari 75% siswa mencapai skor 75 dari skala 100 dalam tes pemahaman konsep matematika. Peningkatan pemahaman konsep matematika diselidiki melalui indeks gain ternormalisasi. Peningkatan pemahaman konsep matematika dideskripsikan dengan bersandar pada statistik deskriptik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang memiliki karakteristik efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP sehingga siap untuk disebarluaskan. Disarankan agar guru lebih diberi kesempatan untuk mengimplementasikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika sehingga dapat di harapkan siswa memperoleh kemampuan pemahaman konsep yang lebih tinggi lagi

Downloads

Published

2021-02-04

How to Cite

Safriati, S. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Persamaan Garis Lurus di SMPN 2 Peukan. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27(2), 128–143. https://doi.org/10.30587/didaktika.v27i2.2260

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.