PENGARUH METODE BERMAIN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN MUSLIMAT NU 102 NURUL HUDA DI DESA SAMIRPLAPAN DUDUK-GRESIK
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya seorang anak ketika sudah
memasuki jenjang pendidikan prasekolah idealnya sudah bisa belajar hidup mandiri, tidak
manja, tidak cenngeng dan berani belajar sendiri tanpa harus didampingi orangtua
disampingnya. Namun kenyataannya masih terdapat hampir separuh dari siswa yang belum
mandiri masih penakut,pemalu dan tidak mau ditinggal orang tuanya. Hal tersebut akan terbawa
amak sampai dewasa apabila dibiarkan tidak dilatih dan dibiasakan untuk hidup mandiri sejak
dini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberhasilan metode bermain
kelompok dalam meningkatkan kemandirian anak pada siswa KBM Muslimat NU 102 Nurul
Huda.Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana metode yang digunakan
dalam teknik pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, angket, dan
dokumentasi untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan Kelompok Bermain Muslimat
NU 102 Nurul Huda dan uji statistik menggunakan rumus analisis korelasi product moment
untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keberhasilan metode bermain kelompok dalam
meingkatkan kemandirian anak. Sampel dalam penelitian ini sendiri berjumlah 30 anak dimana
pengambilan sampel penelitian ini berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto, yaitu: “Apabila
subyeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan
penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah subyeknya lebih besar, dapat diambil 10-15%,
atau 20-25%, atau lebih”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis korelasi tersebut
dapat diketahui pengaruh keberhasilan metode bermain kelompok dalam meningkatkan
kemandirian anak sebesar 0,490 yang artinya terdapat korelasi positif antara variabel X
terhadap variabel Y yang berkisar 0,20 – 0,40 yang tergolong cukup.