IMPLEMENTASI MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AKIDAH KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 06 BANYUTENGAH
Abstract
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat
maka multimedia pembelajaran sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Seperti yang
diketahui bahwa sejak bulan Maret tahun 2020. Negara Indonesia telah dilanda wabah Covid-
19. Wabah ini membuat seluruh masyarakat Indonesia menjadi resah dan khawatir. sehingga
sekolah tidak dapat melaksanakan kegiatan tatap muka akibat wabah tersebut dan diberlakukan
pembelajaran secara daring (online). Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang
dapat dirumuskan adalah bagaimana implementasi multimedia pada pembelajaran daring dan
apa saja faktor hambatan dan pendukung dalam implementasi. Sedangkan tujuannya adalah
untuk mengetahui faktor hambatan dan pendukung dalam implementasi. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan menggunakan metode wawancara dan
observasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mata pelajaran akidah pada
kelas VII di MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah. Berdasarkan observasi yang telah
dilakukan di MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah dapat disimpulkan bahwa media WA Grup,
Google form dan Youtube merupakan aplikasi yang paling ringan dan efektif saat digunakan
dalam pembelajaran daring. Hambatan yang di hadapi pada saat pembelajaran daring ini adalah
peserta didik susah untuk memahami materi yang disampaikan dan mengatasi permasalahan
siswa yang berada di pondok. Sedangkan pendukungnya yaitu para guru tidak kesulitan dalam
memberikan materi dan nilai
Kata Kunci : implementasi, multimedia, pembelajaran daring
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.