Analisis Mikrobiologi Pada Produk Garam yang Diproduksi Oleh PT.UNIChemCandi Indonesia Berdasarkan Regulasi DI Indonesia (SNI & BPOM)

  • Vita Maulidah Putri universitas muhammadiyah gresik
  • Sutrisno Adi Prayitno
  • Silvy Novita Antrisna Putri

Abstract

Garam yang berkualitas harus memenuhi standar keamanan  yang telah ditetapkan di Indonesia yaitu berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Per-BPOM). Keamanan pangan pada suatu produk dapat terpenuhi salah satunya dengan menerapkan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan mikroorganisme pada garam dan membandingkan dengan standar yang telah ditentukan berdasarkan SNI dan Per-BPOM. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis mikrobiologi menunjukkan bahwa garam yang diuji dengan parameter Bacillus cereus, Enterobacteriaceae, dan Clostridium perfringens adalah <1x yang artinya garam yang diuji tidak melebihi batas yang ditentukan berdasarkan SNI 7388-2009 dan per-BPOM No 13 Tahun 2019 yang ditunjukkan setelah inokulasi bahwa tidak ada petumbuhan koloni bakteri pada msaing-masing media selektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pertumbuhan mikroorganisme pada garam yang diproduksi PT.UNIChemCandi Indonesia sehingga garam telah memenuhi standar keamanan pangan dan aman dikonsumsi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 7, 2024
How to Cite
PUTRI, Vita Maulidah; PRAYITNO, Sutrisno Adi; PUTRI, Silvy Novita Antrisna. Analisis Mikrobiologi Pada Produk Garam yang Diproduksi Oleh PT.UNIChemCandi Indonesia Berdasarkan Regulasi DI Indonesia (SNI & BPOM). Journal of Food Safety and Processing Technology (JFSPT), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 64-72, apr. 2024. ISSN 3025-7344. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jfspt/article/view/7440>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jfspt.v1i2.7440.
Section
Articles