Proses pembekuan udang bentuk peeled deveined untuk produk Individual Quick Freezing (IQF) di PT. Misaja Mitra Pati Jawa Tengah

  • Muhammad Khoirun Niam Universitas Muhamamdiyah Gresik
  • Sutrisno Adi Prayitno
  • Dwi Retnaningtyas Utami

Abstract

Komoditas hasil perikanan merupakan salah satu komoditas penting sebagai sub sektor yang memiliki peran dalam peningkatan ekonomi pada negara Indonesia. Udang merupakan salah satu komoditas hasil perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Salah satu jenis udang yang banyak dibudidayakan di Indonesia dan memiliki kualitas expor tinggi adalah udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Komoditas udang merupakan nilai ekspor terbesar di Indonesia, dengan nilai ekspor USD 1 miliar atau 40,1% dari total nilai ekspor). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh pengetahuan dan aplikatif secara langsung proses produksi udang beku bentuk peeled and deveined (PD) untuk produk individual quick freezing (IQF). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi pasrtisipan. Data yang diperoleh kemudian dilakukan pengolahan dengan tabulasi, dan deskriptif data. Hasil studi menunjukan terdapat beberapa tahapan dalam pengolahan udang beku IQF yaitu penerimaan bahan baku, pemotongan kepala deheading, pencucian I, sortasi ukuran grading, pengupasan PD dan pembersihan usus, pencucian II, pengecekan ulang corect material, perendaman soaking dan chiling, pembekuan IQF, penimbangan I, penggelasan / glazzing, penimbangan II, pengemasan inner plastic polyetilen dan sealer, pendeteksian logam metal detector, rotgen X-Ray, pengemasan master carton, penyimpanan beku cold storage, dan ekspor atau pendistribusian. Dari hasil studi didapatkan kesimpulan bahwa penerapan proses produksi yang ada di PT Misaja Mitra sudah sesuai dengan regulasi yang diwajibkan oleh pemerintah untuk mencapai komoditas yang aman untuk dikonsumsi. Semua operasional produksi dapat dikendalikan sesuai dengan standar yang diwajibkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 8, 2023
How to Cite
NIAM, Muhammad Khoirun; PRAYITNO, Sutrisno Adi; UTAMI, Dwi Retnaningtyas. Proses pembekuan udang bentuk peeled deveined untuk produk Individual Quick Freezing (IQF) di PT. Misaja Mitra Pati Jawa Tengah. Journal of Food Safety and Processing Technology (JFSPT), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-20, sep. 2023. ISSN 3025-7344. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jfspt/article/view/6347>. Date accessed: 21 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jfspt.v1i1.6347.
Section
Articles