Penerapan Behavioristik Problem Based Learning Papan Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika

Penerapan Behavioristik Problem Based Learning Papan Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika

Authors

  • Awali Nur Misbahudin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Khoirul Anwar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7102

Keywords:

Behavioristik, Problem based learning, papan pintar, motivasi belajar

Abstract

Penerapan teori belajar behavioristik dengan model pembelajaran problem based learning melalui bantuan media papan pintar guna meningkatkan motivasi belajar mata peajaran matematika di kelas IV UPT SD Negeri 73 Gresik. Tujuan penelitian ini adalah umtuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 73 Gresik dengan pendekatan teori belajar behavioristik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan bantuan media papan pintar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini berjumlah 20 peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 73 Gresik yang dikumpulkan melalui teknik penelitian purposive sampling . Data diperoleh melalui mekanisme tes dan observasi melalui metode kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa teori belajar behavioristik dengan model pembelajaran PBL melalui bantuan media papan pintar dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 73 Gresik untuk belajar mata pelajaran matematika. Nilai rata-rata post-test 81,00 dibandingkan dengan nilai pre-test yaitu 54,00, nilai pre-test dan post-test menunjukkan perbedaan jumlah yang signifikan, dengan nilai p 0,000. Berdasarkan hasil pemaparan sebelumnya, maka dapat ditarik suatu kesimpulan jika pembelajaran yang menggunakan pendekatan teori belajar behavioristik dengan model  problem based learning  melalui media papan pintar dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika.

References

Amreta, M. Y., & Safa'ah, A. (2021, Agustus). Pengaruh Media Papinka terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1, 22-23. doi: https://doi.org/10.32665/jurmia. v1i1.192
Dr. Fadhallah, R. A. S.Psi., M.Si (2021). Wawancara. UNJ Press. Gedung Rektorat Lantai 1. Kampus A. Rawamangun Pulogadung Jakarta Timur. Hal 02
Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasu Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154-161. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/154-161
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21599/9068
Iffah, J. D. N., Nugraheni, G., Ramadhan, H. N. J., & Angelia, A. (2022). Analisis Prinsip Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Xii Sma Bandarkedungmulyo. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 198–210. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31537/Laplace.V5i1.946
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar.
In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076/773
Ramadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS untuk penelitian dan riset pasar. Jakarta. Elex media komputindo.
PT. Gramedia. Hal 01.
Rohmatulloh. (2022). Integrasi Media Pembelajaran pada Penerapan Problem Based Learning ( PBL ) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(4), 5544–5557. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3249
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan, Kauntitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung. Alfabeta. Hal 475-486.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. https://e- journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/878/827
Taufik, & Komar, N. (2021). Hubungan Self Afficiacy terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66
Yustitia, V., & Kusmaharti, D. (2022). Problem Based Learning Digital Module Assistance of Numeration oh Prospective Elementary School Teacher. 9, 24–27. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jumadika/article/view/6346
Zebua, N. S. A., Zalukhu, A., Herman, H., Telaumbanua, M. S., Hulu, D. B. T., Hutauruk, A., & Manik,
E. (2023). Kajian Teori Behavioristik Stimulus dan Respon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4038- 4054. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4011

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Misbahudin, A. N., & Anwar, K. (2024). Penerapan Behavioristik Problem Based Learning Papan Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika: Penerapan Behavioristik Problem Based Learning Papan Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 58–65. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7102

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.