Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Berbasis Kontekstual Project Untuk Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran

  • Sri Suryanti Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengdaptasi teori Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik, tahun akademik 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner keterlibatan mahasiswa yang terdiri dari delapan item. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan buku ajar secara teoritis, dengan didasarkan pada penilaian ahli dengan rata-rata 90.82 dengan kategori yang sangat valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil pengamatan terhadap keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran setelah digunakan buku ajar, menyebabkan keterlibatan yang sangat positif, dari indikator keseluruhan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran, mendapatkan skor rata-rata 4.74 (rentang skor 1-5).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 7, 2021
How to Cite
SURYANTI, Sri. Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Berbasis Kontekstual Project Untuk Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 27, n. 2, p. 193-203, feb. 2021. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2266>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v27i2.2266.