ANALISIS REGRESI LINIER MULTIVARIAT UNTUK DATA KUALITATIF DALAM MENGETAHUI TUJUAN MAHASISWA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

  • Tony Yulianto
  • M.Fariz Fadillah Mardianto
  • Nurul M’rifatil Laila

Abstract

Media sosial merupakan suatu media yang dapat memperkenalkan dunia luar tanpa terjun langsung ke lapangan. Melalui media sosial banyak hal yang dapat diketahui dengan mudah untuk menambahan ilmu pengetahuan. Media sosial memberi warna kehidupan bagi masyarakat terutama para pelajar khususnya mahasiswa. Mahasiswa adalah pengguna media sosial yang selalu aktif pemakaiannya. Dalam media sosial, mahasiswa dapat memakai berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, BBM dan lain sebagainya. Mahasiswa dapat memanfaatkan media sosialuntuk berkomunikasi dengan
teman, bisnis, aplikasi, mencari informasi, hiburan, mencari investator, serta mencari penyaluran sumbangan pun dapat dilakukan dalam media sosial. Berdasarkan berbagai manfaat media sosial, maka peneliti menjadikan itu juga sebagai variabelyang dapat dijadikan suatu model untuk memproyeksikan faktor-faktor penunjang media sosial terutama yang terkait untuk pemanfaatan menggunakan analisis regresi linier multivariat. Data yang digunakan dalam analisis ini adalah data primer yang diambil langsung dari obyek penelitian baik itu perorangan maupun organisasi. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data kualitatif dalam bentuk kuisioner yang dilakukan terhadap mahasiswa UIM selama dua minggu. Output dalam pembahasan model regresi multivariat yang berguna untuk mengetahui seberapa besar manfaat yang timbulkan oleh media sosial yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 16, 2017
How to Cite
YULIANTO, Tony; MARDIANTO, M.Fariz Fadillah; LAILA, Nurul M’rifatil. ANALISIS REGRESI LINIER MULTIVARIAT UNTUK DATA KUALITATIF DALAM MENGETAHUI TUJUAN MAHASISWA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 81-88, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/131>. Date accessed: 07 july 2024.
Section
Articles