Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa

Authors

  • hasrin lamote IAIN Kendari
  • Mutiara Al Hikmah Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Dedyerianto Institut Agama Islam Negeri Kendari

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v6i1.9187

Keywords:

kecemasan matematika, kesulitan belajar matematika, deskriptif kualitatif.

Abstract

Salah satu kesulitan dalam pembelajaran matematika adalah kecemasan siswa terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika ditinjau dari kecemasan matematika siswa di SMP Negeri 23 Kendari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kecemasan matematika, soal tes kesulitan belajar matematika, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dengan menggunakan angket kecemasan matematika, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 siswa yang belajar, terdapat 28% siswa dalam kategori kecemasan rendah, 50% siswa dalam kategori kecemasan sedang, 22% siswa dalam kategori kecemasan tinggi. Kesulitan belajar matematika didasari oleh kecemasan yang tinggi yaitu mengalami kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, kesulitan dalam berhitung, kesulitan dalam persepsi visual, dan kurang memahami bahasa matematika. Siswa dengan kecemasan sedang mengalami kesulitan dalam berhitung dan kurang memahami bahasa matematika. Siswa dengan kecemasan rendah mengalami kesulitan dalam berhitung.

Kata kunci: kecemasan matematika, kesulitan belajar matematika, deskriptif kualitatif.

References

Alisnaini, A. F., Pribadi, C. A., Khoironi, D. R., Ibrohim, M., Azilla, M. D., & Hikmah, N. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD. Alsys, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.743

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414

Andrian, D. (2017). Mengelola Kecemasa Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26611

Andriani, T., Supratman, & Lestari, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Menurut Cooney Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kecemasan Matematis Peserta Didik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 62–71. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7621

Fadhilah, & Maf’ulah, S. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Jogoroto. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 167–176. https://doi.org/10.30587/postulat.v5i2.9092

Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872

Hasrin Lamote, & Nur Hasanah. (2024). Kesulitan Siswa Dalam Menjawab Soal Kompetensi Sains Madrasah Bidang Matematika Terintegrasi Keislaman Dalam Al-Qur’an. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(2), 138–145

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.838

Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177

Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Student Anxiety in Mathematics Subjects). J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 256–264. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.886

Kadir, V. T., Nurwan, N., Zakiyah, S., & Mohidin, A. D. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.13279

Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 68–79. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.340

Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934

Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957

Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Rasa Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 617–622.

Yusup, F. (2018). Uji Validatas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

lamote, hasrin, Hikmah, M. A., & Dedyerianto. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 12–29. https://doi.org/10.30587/postulat.v6i1.9187

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.