Inovasi Modul Digital Interaktif Berbasis RME dengan Representasi Matematis pada Materi Lingkaran Kelas XI

Authors

  • Rahma Fadhila Nuriya Fachmi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Lady Agustina Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v6i1.9752

Keywords:

Modul digital, Representasi matematis, ADDIE, Realistic Mathematics Education, RME, Lingkaran

Abstract

Abstract

This study aims to develop an interactive digital module based on Realistic Mathematics Education (RME) with mathematical representations for circle material for eleventh-grade students. The Research and Development (R&D) method with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) was employed. The module, developed as a website, includes interactive features such as videos, GeoGebra simulations, and game-based exercises. Validation by material and media experts yielded "feasible" scores (average 3.35 for content and 3.42 for design), while limited trials involving 10 students and teachers received "high" responses (average scores of 3.82 and 4.18, respectively). The results demonstrate the module’s effectiveness in enhancing conceptual understanding, learning motivation, and technological adaptation in education. Key limitations include internet dependency and limited functionality for small-screen devices. This study concludes that the RME-based interactive digital module is a viable innovation for 21st-century mathematics learning.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul digital interaktif berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan representasi matematis pada materi lingkaran untuk siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE yang meliputi tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Modul dikembangkan dalam bentuk website yang memuat fitur interaktif seperti video, simulasi GeoGebra, dan latihan soal berbasis game. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan hasil "layak" (skor rata-rata 3,35 untuk materi dan 3,42 untuk media), sedangkan uji coba terbatas pada 10 siswa dan guru memperoleh respon "tinggi" (skor rata-rata 3,82 dan 4,18). Hasil penelitian membuktikan bahwa modul ini efektif meningkatkan pemahaman konsep lingkaran, motivasi belajar, dan adaptasi teknologi dalam pembelajaran. Kendala utama adalah ketergantungan pada koneksi internet dan keterbatasan fitur untuk perangkat layar kecil. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa modul digital interaktif berbasis RME layak digunakan sebagai inovasi pembelajaran matematika yang mendukung keterampilan abad ke-21.

References

Agustina Dewi, F., Made Suarsana, I., & Wayan Puja Astawa, I. (2022). Development of Digital Modules with Multiple Representations Containing Appropriate Contextual Problem in Linear Programming for Eleventh Graders. JRPIPM, 5(2), 2581–0480. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n2.p166-179

Alifa, A. R., & Yunianta, T. N. H. (2022). PENGEMBANGAN ELOK (E-MODUL LINGKARAN ETNOMATEMATIKA) BERBASIS ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1137. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4883

Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI PERSAMAAN LINGKARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123

Irani, A. razaki, Rizqi, N. R., Dalimunthe, N. faiza, Boru, T. E. W., Tobing, L., Thahara, M., Yani, J., & Herawati, N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Wordwall pada Materi Bilangan Bulat. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 16–20. https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.2520

Ismanto, & Fitri, A. (2022). Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Pengalaman Siswa Untuk Menguatkan Pembelajaran Numerasi SMP Dalam Mendukung Merdeka Belajar. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 61. https://doi.org/10.30587/postulat.v3i1.4299

Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 1 PLOSOKLATEN PADA MATERI LINGKARAN. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8. https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.80

Nurhayati, Anggoro, B. S., & Putra, R. W. Y. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BILANGAN BULAT DAN PECAHAN BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL. Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.293

Nuswantari, D., Amry, Z., & Siagian, P. (2020). Development of Learning Materials Through RME Assisted by Geogebra Software to Improve Students Problem Solving ability. Journal of Education and Practice, 11, 61–68. https://doi.org/10.7176/jep/11-8-08

Rahma, A. S., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 980–995. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1328

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1, 33–44.

Sakinah, Dewi, R. S., & Hakim, Z. R. (2023). Development of Contextual-Based E-LKPD to Improve the Ability to Understand Fraction Concepts. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.17509/ebj.v5i1.51576

Sukardi, D. A., & Widiyastuti, W. (2023). Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 275. https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.5797

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Fachmi, R. F. N., & Agustina, L. (2025). Inovasi Modul Digital Interaktif Berbasis RME dengan Representasi Matematis pada Materi Lingkaran Kelas XI. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 91–101. https://doi.org/10.30587/postulat.v6i1.9752

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.