Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30587/postulat.v6i1.9187Keywords:
kecemasan matematika, kesulitan belajar matematika, deskriptif kualitatif.Abstract
Salah satu kesulitan dalam pembelajaran matematika adalah kecemasan siswa terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika ditinjau dari kecemasan matematika siswa di SMP Negeri 23 Kendari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kecemasan matematika, soal tes kesulitan belajar matematika, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dengan menggunakan angket kecemasan matematika, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 siswa yang belajar, terdapat 28% siswa dalam kategori kecemasan rendah, 50% siswa dalam kategori kecemasan sedang, 22% siswa dalam kategori kecemasan tinggi. Kesulitan belajar matematika didasari oleh kecemasan yang tinggi yaitu mengalami kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, kesulitan dalam berhitung, kesulitan dalam persepsi visual, dan kurang memahami bahasa matematika. Siswa dengan kecemasan sedang mengalami kesulitan dalam berhitung dan kurang memahami bahasa matematika. Siswa dengan kecemasan rendah mengalami kesulitan dalam berhitung.
Kata kunci: kecemasan matematika, kesulitan belajar matematika, deskriptif kualitatif.
References
Alisnaini, A. F., Pribadi, C. A., Khoironi, D. R., Ibrohim, M., Azilla, M. D., & Hikmah, N. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD. Alsys, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.743
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Andrian, D. (2017). Mengelola Kecemasa Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26611
Andriani, T., Supratman, & Lestari, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Menurut Cooney Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kecemasan Matematis Peserta Didik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 62–71. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7621
Fadhilah, & Maf’ulah, S. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Jogoroto. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 167–176. https://doi.org/10.30587/postulat.v5i2.9092
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Hasrin Lamote, & Nur Hasanah. (2024). Kesulitan Siswa Dalam Menjawab Soal Kompetensi Sains Madrasah Bidang Matematika Terintegrasi Keislaman Dalam Al-Qur’an. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(2), 138–145
Haqiqi, A. K. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.838
Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177
Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Student Anxiety in Mathematics Subjects). J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 256–264. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.886
Kadir, V. T., Nurwan, N., Zakiyah, S., & Mohidin, A. D. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.13279
Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 68–79. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.340
Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934
Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957
Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Rasa Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 617–622.
Yusup, F. (2018). Uji Validatas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1