Desain Game Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Penyajian Fungsi Memanfaatkan Software Scratch
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan hasil desain media pembelajaran matematika berbasis Android dengan memanfaatkan perangkat lunak Scratch dalam materi bentuk penyajian fungsi untuk siswa di kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Uji coba game dilakukan pada sekelompok partisipan, yaitu mahasiswa calon guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Please Direct Me yang dirancang sebagai media pembelajaran matematika efektif untuk menyajikan konsep bentuk penyajian fungsi menggunakan aplikasi Scratch. Respons partisipan terhadap media yang dikembangkan memberikan hasil yang positif, dengan skor rata-rata 87,1% untuk setiap indikator questioner yang diberikan dengan kategori “sangat baik”. Penulis menyarankan bahwa game tersebut memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengevaluasi keefektifan media yang telah didesain untuk memfasilitasi pemahaman siswa tentang materi bentuk penyajian fungsi di SMP.