Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Melalui Google Classroom

Authors

  • silvia alda setya insani universitas muhammadiyah gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v5i1.8494

Keywords:

pendekatan saintifik, hasil belajar, pendekatan kontekstual

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perbandingan hasil belajar menggunakan pendekatan saintifik dan kontekstual melalui google classroom pada siswa kelas VIIdi MTs Masudiyah giri Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan pendekatan saintifik pada kelas VII-B di MTs Masudiyah Gresik, 2) mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah diajar pendekatan kontekstual pada kelas VII-C di MTs Masudiyah Gresik, dan 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang diajar pendekatan saintifik dan kontekstual pada siswa kelas vii di MTs Masudiyah Gresik

Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di MTs Masudiyah Gresik yangterdiri dari 3 kelas yaitu kelas VII-A,VII-B, dan VII-C.sampel yang diambil adalah kelasVII-B dan kelas VII-C. dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrument yang digunakan dalampenelitian ini adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial

 Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan saintifik meningkat dari 70,93  menjadi 79,96  dan untuk rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan kontekstual juga mengalami peningkatan dari 70,36 menjadi 80,32. Selanjutnya hasil analisis inferensial menggunakan SPSS menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajarmenggunakan pendekatan saintifk dan kontekstual dimana pada hasil perhitungan nilai sig = 0,00 lebih kecil dari α=0,05 (0,00<0,05) yang berarti Ho diterima  

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

setya insani, silvia alda. (2024). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Melalui Google Classroom. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 104–116. https://doi.org/10.30587/postulat.v5i1.8494

Issue

Section

Articles