Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Dan Period Order Quantity (POQ) Pada Proses Produksi Pintu PVC Di PT. Kencana Inti Andalan (KIA)

  • Tedy Satrio Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nazaruddin Nazaruddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nofirza Nofirza Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Fitriani Surayya Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rika Taslim Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

PT. Kencana Inti Andalan adalah perusahaan kontruksi yang menawarkan bahan bangunan untuk proyek pembangunan. Karena permintaan yang tidak stabil atau berfluktuasi, pengendalian persediaan bahan baku PT. Kencana Inti Andalan belum optimal. Akibatnya, stok di gudang berkurang, sehingga proses persediaan bahan baku di perusahaan berkurang. Dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Period Order Quantity (POQ), tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan ukuran pesanan, frekuensi pemesanan, dan biaya total persediaan. Hasil dari Economic Order Quantity (EOQ) adalah 602,80 unit, dengan frekuensi pemesanan 10 kali, dan biaya persedaan sebesar 103.724.993,19362. Hasil dari Period Order Quantity (POQ) adalah 255,41 unit, dengan frekuensi pemesanan sebanyak 24 kali.. Dari kedua metode ini di didapatkan selisih biaya persediaan yang di peroleh EOQ lebih menghemat dari POQ, hal ini di kerenakan biaya pemesanan POQ lebih besr di bandingkan dengan EOQ.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 29, 2024
How to Cite
SATRIO, Tedy et al. Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Dan Period Order Quantity (POQ) Pada Proses Produksi Pintu PVC Di PT. Kencana Inti Andalan (KIA). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 153 - 160, mar. 2024. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/6739>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v24i2.6739.
Section
Articles