Komposit DESAIN KOMPOSISI BAHAN KOMPOSIT YANG OPTIMAL BERBAHAN BAKU UTAMA LIMBAH AMPAS SERAT TEBU (BAGGASE)

Material Komposit

  • mochammad nuruddin teknik industri

Abstract

Bahan baku atau material komposit sebagai alternatif bahan baku non logam dipilih pada bidang industri karena memiliki sifat ketahanan korosi yang lebih baik, karakteristik yang dapat dikontrol serta berat yang lebih ringan dan biaya produksi yang murah.  Upaya yang dilakukan melalui inovasi desain  bahan baku utama komposit yang memiliki keunggulan serta lebih aman dan ramah terhadap lingkungan. Salah satu jenis serat alam yang sangat potensial adalah ampas serat tebu (baggase). Ampas serat tebu merupakan limbah dari proses pengolahan gula yang pemanfaatannya kecil. Sehingga diperkirakan sebanyak 40 % dari ampas tebu tersebut belum dimanfaatkan secara optimal .


 


Melihat dari potensi tersedianya bahan baku, maka penelitian ini diarahkan untuk pemanfaatan  limbah ampas serat tebu sebagai serat utama  dengan kombinasi bahan baku pendamping berupa serat batang pisang dan serat/sabut kelapa, yang bertjuan untuk menentukan kekuatan bending dan kekuatan tarik dari hasil komposisi level faktor optimal dari tree in one of material komposit yang dilakukan, baik bahan baku serat maupun bahan perekatnya. Tahapan penelitian diawali dengan penerapan metode desain robust dari indentitifikasi variabel penelitian hingga pelaksanaan eksperimen dengan penentuan level faktor kualitas dan ortogonal array yang sesuai dan replikasi 2 kali, maka diperoleh desain komposisi level optimal pada eksperimen ke-4 dimana komposisi bahan baku 70%, 10%, 20%  ( Matrik + Filler) dengan  posisi struktur serat Searah, perekat yang sesuai memakai resin epoxy diperoleh rata–rata kekuatan bending sebesar  8,2404 MPa dan rata-rata kekuatan tarik sebesar 2,992748718 MPa, dan hasil desain komposisi bahan baku komposit level optimal ini berharap dapat meningkatkan kualitas bahan baku komposit dari serat alami tentunya perlu dilakukan treatment spesifik penelitian lanjutan yang lebih sempurna  dan  produksi komposit yang dihasilkan dapat diterima di pasarkan.


 


Kata Kunci : Ampas serat tebu, Komposit, desain komposisi optimal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 30, 2019
How to Cite
NURUDDIN, mochammad. Komposit DESAIN KOMPOSISI BAHAN KOMPOSIT YANG OPTIMAL BERBAHAN BAKU UTAMA LIMBAH AMPAS SERAT TEBU (BAGGASE). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 47 - 60, mar. 2019. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/759>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v19i2.759.
Section
Articles