PENGARUH HUBUNGAN PEMAKAIAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) TERHADAP MAINTENANCE PADA HEAD TRUCK DI PT KUDA INTI SAMUDERA

  • Darmadi Darmadi Universitas 45 Surabaya

Abstract

Penilitian ini dilakukan di PT Kuda Inti Samudera Surabaya yaitu perusahaan yang bergerak dibidang perawatan alatberat, berada pada wilayah terbatas PT Terminal Petikemas Surabaya. Latar belakang dilaksanakan penelitian ini karena konsumsi bahan bakar minyak pada head truck yang mengalami peningkatan, sehingga dilakukan MAINTENANCE dengan analisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian bahanbakar minyak pada head truck.


Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu:”Pengaruh Hubungan Pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Maintanance Pada Head Truck” dengan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pemakaian bahan bakar minyak. Untuk mendapat kanfaktor-faktor tersebut digunakan metode interview dengan kepala bagian mekanik dan ditentu kanfaktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar minyak adalah jumlah service, jam operasional dan beban.


Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan metode literature yaitu pengumpulan data berdasarkan arsip-arsip yang berhubungan dengan maintenance. Data yang digunakan untuk penelitian mulai Januari 2016 sampai dengan Mei 2017. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi untuk mengetahuihu bungan antara variabel tetap (y) yaitu bahan bakar minyak dengan variable tidak tetap yaitu jumlah service (x1), jam operasional (x2), dan beban (x3). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang dominan mempengaruhi konsumsi pemakaian bahan bakar minyak pada head truck Volvo FM 340 adalah jam operasional (x2) dengan koefisien korelasi sebesar 0,9831 dan koefisien determinasi sebesar 96,64%. Pada tipe Volvo FM 380 faktor yang paling dominan yaitu jam operasional (x2) dengan koefisien korelasi sebesar 0,9971 dan koefisien determinasi sebesar 99,43%. Sedangkan pada tipe Volvo FM 370 faktor yang paling dominan yaitu beban (x3) dengan koefisien korelasi sebesar 0,9514 dan koefisien determinasi sebesar 90,53%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 2, 2018
How to Cite
DARMADI, Darmadi. PENGARUH HUBUNGAN PEMAKAIAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) TERHADAP MAINTENANCE PADA HEAD TRUCK DI PT KUDA INTI SAMUDERA. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 77-88, oct. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/508>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v19i1.508.
Section
Articles