PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KOPI ARABIKA DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS

  • Mohammad chamdi PT. Harum ALam Segar

Abstract

  1. Harum Alam Segar adalahperusahaan yang bertempat di Gresik, perusahaan ini bergerak dibidang industri penghasil produk kopi instant.Pada saat ini perusahaan memiliki tiga supplier dalam pengadaan bahan baku kopi arabika, dimana kopi arabika ini merupakan bahan baku yang paling banyak digunakan dalam produksi berbagai varian rasa. Terdapat beberapa masalah dalam pembelian bahan baku kopi arabika kepada supplierdiantaranya adalah supplier mengalami keterlambatan pengiriman dan jumlah kedatangan bahan baku tidak sesuai dipesan.

 


Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penelitian bertujuan untuk memilih supplierkopi arabika pada perusahaan dengan menggunakan kriteria Quality, Cost, Delivery, Flexibility, dan Responsivness. Dalam penelitian ini menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) yang merupakan pengembangan dari metode Analytic Hieracy Process(AHP). Pada metode ANP ini mampu memperbaiki kelemahan dari metode AHP. Metode ANP ini  mampu mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternatif. Keterkaitan pada metode ANP ada dua jenis yaitu keterkaitan dalam satu set elemen (inner dependence) dan keterkaitan antar elemen yang berbeda (outer dependence). Adanya keterkaitan tersebut ANP lebih kompleks dibaning metode AHP.


 


Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Masing-masing kriteria mempunyai bobot sebagai berikut Quality (0.083317), Cost (0.033849), Delivery (0.149509), Flexibility (0.092517), dan Responsivness (0.140488), hal ini mengandung arti bahwa kriteria kriteria Cost dan Delivery merupakan kriteria yang terpenting diantara kriteria yang lain. Sedangkan hasil evaluasi suppliernya adalah bobot untuk PT. Surya Makmur Tunggal Mandiri sebesar 0.081265, PT. Inti Baru Sejahtera sebesar 0.059487, dan Kopi Import Brazil sebesar 0.055546. Berdasarkan hasil tersebut, maka PT. Surya Makmur Tunggal Mandiri memiliki bobot yang paling besar dan paling tinggi dan paling layak dijadikan supplier untuk perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 3, 2018
How to Cite
CHAMDI, Mohammad. PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KOPI ARABIKA DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 15 - 22, nov. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/584>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v18i2.584.
Section
Articles