Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pada UMKM Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)
Abstract
Pastel mini maknyos adalah UMKM yang dimana bergerak dalam bidang makanan atau cemilan. Permasalahan yang dialami dalam perusahaan adalah dalam permintaan konsumen yang semakin sedikit dan pemasaran yang dilakukan hanya melalui perkataan orang, dan tidak aktif dalam social media. Permasalahan lainnya adalah diversifikasi produk yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang usulan strategi menggunakan metode BOS dan untuk menganalisis strategi mana yang terbaik dalam pengambilan keputusan menggunakan metode TOPSIS. Hasil dari metode Bos dan Topsis yang didapat yaitu alternatif 6 = 0,652 dan alternatif 8= 0,652. Dimana hasil alternatif 6 yaitu menentukan varian rasa dengan menciptakan rasa baru yaitu coklat keju, coklat kacang, dan abon sapi, sedangkan untuk alternatif 8 yang terpilih yaitu meningkatkan keaktifan dan efektifitas UMKM dalam menggunakan media sosial untuk promosi dan interaksi dengan pelanggan.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.