Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pada UMKM Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)

Authors

  • Feby Ananda Putri Teknik Industri
  • Nazaruddin Nazaruddin Teknik Industri
  • Muhammad Nur
  • Muhammad ihsan hamdy
  • suherman suherman

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v25i2.8684

Abstract

Pastel mini maknyos adalah UMKM yang dimana bergerak dalam bidang makanan atau cemilan. Permasalahan yang dialami dalam perusahaan adalah dalam permintaan konsumen yang semakin sedikit dan pemasaran yang dilakukan hanya melalui perkataan orang, dan tidak aktif dalam social media. Permasalahan  lainnya adalah diversifikasi produk yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang usulan strategi menggunakan metode BOS dan untuk menganalisis strategi mana yang terbaik dalam pengambilan keputusan menggunakan metode TOPSIS. Hasil dari metode Bos dan Topsis yang didapat yaitu alternatif 6 = 0,652 dan alternatif 8= 0,652. Dimana hasil alternatif 6 yaitu menentukan varian rasa dengan menciptakan rasa baru yaitu coklat keju, coklat kacang, dan abon sapi, sedangkan untuk alternatif 8 yang terpilih yaitu meningkatkan keaktifan dan efektifitas UMKM dalam menggunakan media sosial untuk promosi dan interaksi dengan pelanggan.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Putri, F. A., Nazaruddin, N., Nur, M., hamdy, M. ihsan, & suherman, suherman. (2025). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pada UMKM Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 25(2), 153–164. https://doi.org/10.30587/matrik.v25i2.8684

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)