Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di UMKM Nagih Kuliner Menggunakan Metode IPA dan SEM
DOI:
https://doi.org/10.30587/matrik.v25i2.8685Keywords:
IPA, Kepuasan, Loyalitas, Pelayanan, SEMAbstract
Nagih Kuliner merupakan suatu usaha pada bidang makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut yang menjadi keunggulan dan kelemahan berdasarkan kualitas pelayanan, mengetahui hubungan antara kepuasan dengan tingkat loyalitas konsumen dan yang terakhir adalah menentukan Strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen terhadap usaha Nagih Kuliner. Penelitian ini menggunakan metode Importance Perfomance Analysis dan Structural Equation Modelling. Adapun hasil dari penelitian adalah pada metode IPA, kuadran pertama yang menjadi keunggulan dan menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan sedangkan yang menjadi kelemahan dan perlu perbaikan adalah pada kuadran ketiga. Sedangkan pada metode SEM bahwa kepuasan dan loyalitas berpengaruh signifikan dengan nilai T statistics 12.401 dan P values 0.000 dan juga reliability pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai T statistics 2.160 dan P values 0.031.
References
[2] R. Agung, P. Anton, and A. Setyawan, “Mengukur Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Perpustakaan UMS,” vol. 23, no. April, pp. 101–108, 2024.
[3] M. Rezky and P. Syafar, “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” vol. 8, no. 2, pp. 183–197, 2023.
[4] S. Rahayu and K. Kunci, “Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen,” vol. 5, no. 2, pp. 2192–2207, 2022.
[5] S. Loyalitas, P. Di, P. Puuwatu, and K. Puuwatu, “Point of View Research Economic Development,” vol. 5, no. 1, pp. 343–349, 2024.
[6] P. K. Pelayanan, H. Dan, K. Terhadap, and L. Konsumen, “Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia | Vol 13 No 1 Januari 2024 1,” vol. 13, no. 1, pp. 1–14, 2024.
[7] M. Silva and R. Mayer, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa),” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 12, no. 12, pp. 301–309, 2023.
[8] C. Caesar et al., “Analysis of the Effect of Flip application to users of the interbank transfer service system using the SEM method Analisa Pengaruh Penggunaan Aplikasi Flip Dalam Layanan,” no. 288.
[9] M. I. Mashuri, R. B. Jakaria, T. Sukmono, and B. Ismaputra, “Pengaruh Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (Study Kasus di Cafe Wachito),” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 9, no. 1, p. 313, 2023, doi: 10.24014/jti.v9i1.20433.
[10] M. S. Jailani and F. Jeka, “Populasi dan Sampling ( Kuantitatif ), Serta Pemilihan Informan Kunci ( Kualitatif ) dalam Pendekatan Praktis,” vol. 7, pp. 26320–26332, 2023.
[11] D. F. Hidayat, L. Ode, A. Safar, and L. D. Fathimahhayati, “Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis ( IPA ) ( Studi Kasus : PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur ),” vol. 9, no. 1, pp. 167–176, 2023.
[12] E. Yulianti and T. Umbara, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Importance Performance Analysis,” J. Teknoif, vol. 8, no. 2, p. 78, 2020, doi: 10.21063/jtif.2020.v8.2.72-82.
[13] N. Wisudawati, M. G. Irfani, M. Hastarina, and B. Santoso, “Penggunaan Metode Importance-Performance Analysis ( IPA ) Untuk Menganalisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan Kecamatan Lengkiti The Use of Importance-Performance Analysis in Evaluating Public Satisfaction with Population Administration Services in Lengkiti District,” pp. 32–39.
[14] F. P. Sihotang and R. Oktarina, “Penggunaan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) dalam Menganalisis Pengaruh Sistem E-Service Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i1.2439.
[15] I. B. M. Spss, “Analisis Data Penelitian Kesehatan : Perbandingan Hasil antara SmartPLS , R dan IBM SPSS Health Research Data Analysis : Comparison of Results between,” vol. 1, no. 1, pp. 17–22, 2023.
[16] J. Informasi, N. K. Dewi, A. Ariffien, and E. D. Sparingga, “Model Logistic Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Dengan Menggunakan Metode Stuctural Equation Modelling Pada Kantor POS Kotabumi,” vol. 5, no. 4, pp. 204–209, 2023, doi: 10.60083/jidt.v5i4.440.
[17] D. V. Ningrum, S. Setiawan, and M. Atok, “Analisis Kepuasan dan Keputusan Penggunaan Kembali Jasa Ojek Online Mahasiswa ITS dengan Metode Structural Equation Modeling,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.12962/j23373520.v8i2.46559.