Usulan Strategi Pemasaran Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode SOAR dan QSPM pada Usaha Rumah Butik Galuh Kids

  • Vicky Mardiansyah Teknik Industri
  • Ismu Kusumanto
  • Suherman Suherman
  • Harpito Harpito
  • Muhammad Nur

Abstract

Rumah Butik Galuh kids merupakan salah satu usaha industri yang bergerak di bidang penjualan pakaian anak-anak maupun orang dewasa, Dalam hal ini penelitian ini diambil dikarenakan adanya penurunan penjualan setiap bulan dan tahunnya. Dimana hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal pada pemasaran yang dilakukan hanya menggunakan social media yang hanya beberapa saja pengikutnnya dan berdampak pada pemasaran pada usaha tersebut. Promosi yang dilakukan hanyalah pada saat waktu tertentu saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dapat menurunkan penjualan di Rumah Butik Galuh Kids dengan dapat nya permasalahan di rumah butik galuh kids dilakukanlah penelitian dengan menggunakan metode SOAR dan QSPM untuk alternatif strategi apa yang digunakan demi menunjang penghasilan setiap tahun kedepannya, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapat pada matriks IE berada pada dalam kolom V yaitu strategi hold and maintain yaitu pengembangan pasar dan pengembangan produk. Pada Matriks SOAR yaitu menghasilkan 8 alternatif strategi, begitu hasil dari SOAR maka dilakukan analisis matriks menggunakan metode QSPM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 24, 2025
How to Cite
MARDIANSYAH, Vicky et al. Usulan Strategi Pemasaran Dalam Usaha Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode SOAR dan QSPM pada Usaha Rumah Butik Galuh Kids. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 177 - 184, mar. 2025. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/8718>. Date accessed: 29 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v25i2.8718.
Section
Articles