Analisis Kinerja Karyawan Mengunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale (BARS) Dan Management By Objectives (MBO) Pada PT. XYZ
Kinerja Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.30587/matrik.v25i2.8740Keywords:
Kinerja Karyawan, Pelayanan Nasabah, Behaviorally Anchor Rating Scale (BARS), Management By Objectives (MBO)Abstract
Di era saat ini dimana kinerja karyawan menjadi faktor penilaian dari individu karyawan atau staff, maka hal tersebut tidak luput pula dari PT. XYZ. PT. XYZ melakukan penilaian kinerja karyawan dengan secara tradisional dan melalui kuesioner oleh nasabah sehingga penilaian kinerja yang dilakukan kurang efektif. Diperlukannya metode penilaian kinerja karyawan tang terukur yakni dilakukannya penelitian ini dengan metode Behaviorally Anchor Rating Scale (BARS) dan metode Management By Objectives (MBO). Data yang dikumpulkan berupa hasil kuesioner yang sudah diisi oleh pimpinan mengenai 15 karyawan/staff. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai masing-masing kinerja karyawan dan mendapat 3 karyawan yang memiliki nilai kinerja terendah dibagian customer serivce dan security. Maka setelah didapat hasil metode BARS dilakukan metode MBO untuk mendesain usulan kepada 3 karyawan tersebut. Usulannya berupa meningkatkan disiplin presensi kerja, koordinasi dan komunikasi terhadap karyawan lain serta memberikan pelayanan yang lebih ramah, jelas dan mudah dimengerti kepada nasabah.
References
[2] Agustina, E. W., Mukmin, M. N., & Melani, M. M, “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Pendekatan Balancedd Scorecard Pada Pdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi”, Jurnal Pustaka Aktiva (Pusat Akses Kajian Akuntansi, Manajemen, Investasi, Dan Valuta), 4(1), 1-12, 2024.
[3] A. Angelica, “Analisis Penilaian Kinerja Karyawan Studi Pada Waiters Cafe Belly Buddy Dengan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale”. Journal Of Accounting And Business, 53-63, 2023.
[4] Dewi, S. Kurnia, and Agus Sudaryanto. "Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah." Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.
[5] Harahap, A. L., & Perdana, S, “Analisis Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Behaviorally Anchore Rating Scale Bars Dan Management By Objectives Mbo Di Cv Brilliant”, Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(3), 18-26. 2021
[6] Meutia, S., & Akbar, A. V, “Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Behaviorally Anchored Rating Scales Dan Management By Objective (Studi Kasus: Ahass Honda Service Lhokseumawe)”. Jenius: Jurnal Terapan Teknik Industri, 5(1), 14-21, 2024.
[7] Narulita, S., Suhaji, S., & Ginanjar, R, “Analisis Pengaruh Implementasi Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Kota Semarang)”. Jurnal Hummansi (Humaniora, 5(1), 23-41, 2022.
[8] Pardanawati, S. L., Rukmini, R., & Fatyasin, M. L. N, “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Kartu Skor Berimbang”. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(01), 2020
[9] Pradinang, W., & Nelson, A, “Implementasi Manajemen By Objectives Di Sub Bagian Anggota Bidang Pengusahaan Pada Bp Batam”. Jurnal Pengabdian Aceh, 4(1), 36-40, 2024.
[10] Pratiwi, A.D., Budikayanti, A., Wiratman, W. and Octaviana, F., “Validitas dan Reliabilitas Status Epilepticus Severity Score Bahasa Indonesia”. eJournal Kedokteran Indonesia, 12(1), pp.45-54, 2024.
[11] R. A. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale (BARS) Pada CV. Lintas Nusa”, FTI Universitas Dinamika, 2023, Ha 22-28.
[12] Ruziana, S, “Implementasi Management By Objectives (Mbo) Dalam Pembelajaran Fikih Di Mis An Nur”, Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 214-224, 2023.
[13] Suriani, N., & Jailani, M. S, “Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan”, Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36, 2023.
[14] Syarifuddin, S., Ilyas, J. B., & Sani, A, “Pengaruh Persepsi Pendidikan & Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Dikota Makassar”. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 2021
[15] Wahyuni, A. T., Triwibisono, C., & Nugraha, F. N, “Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Pada Divisi Harvesting Pt Xyz Menggunakan Metode Behaviorally Anchored Rating Scales (Bars)”. EproceedingsEngineering, 8(5), 2021.