Usulan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SOAR dan Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Sanjai Darsi
DOI:
https://doi.org/10.30587/matrik.v25i2.8732Keywords:
SOAR, BMC, Sanjai Darsi, strategi pengembangan, model bisnis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha pada UMKM Sanjai Darsi dengan menggunakan metode SOAR (Strength, Opportunity, Aspiration, Result) dan memberikan usulan model bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Faktor internal yang dianalisis meliputi kekuatan produk, seperti variasi rasa, kualitas yang konsisten, serta adanya sertifikasi halal. Sementara itu, faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha termasuk tren pasar yang berkembang, persaingan dengan UMKM lain, dan dukungan pemerintah. Dari hasil analisis SOAR, beberapa strategi pengembangan usaha diusulkan, seperti memperluas jangkauan pemasaran, memperkuat kualitas produk, dan optimalisasi promosi melalui media sosial. Usulan model bisnis dengan BMC menekankan pentingnya pemahaman segmen pelanggan, peningkatan proposisi nilai produk, serta pemanfaatan saluran distribusi yang tepat. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan UMKM Sanjai Darsi dapat meningkatkan daya saingnya di pasar makanan tradisional.
References
[2] Amanda, L., Febra, Y., dan Dodi, D. “Uji Validitas dan Reliabelitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang.” Jurnal Mateatika UNAND, VIII(1). 2019.
[3] Irnawati, W. (2023). Model Manajemen Strategi Pengembangan Kinerja untuk Meningkatkan Produktivitas Dosen pada Perguruan Tinggi Swasta. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 233-251.
[4] Mahardika, R. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Halal. Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 3(1), 65-86.
[5] Mustaan, M., & Hamdi, N. (2021). Peranan stretegi marketing guna meningkatkan volume penjualan pada perusahaan master gift box Malang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 319-330.
[6] Restini, N. K., & Satria, G. A. (2023). Strategi Peningkatan Penjualan UMKM Melalui Analisis SOAR (Studi Pada Usaha Bakso Di Desa Banyuning). JNANA SATYA DHARMA, 11(2).
[7] Said, L. R., Bilal, K., Aziz, S., Gul, A., Shabbir, M. S., Zamir, A., & Abro, H. (2022). A comparison of conventional versus Islamic banking customers attitudes and judgment. Journal of Financial Services Marketing, 27(3), 206-220.
[8] Kurniawan., Afiza, Y., & Sawitri, N. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kopra Putih Di Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. JURNAL AGRIBISNIS, 10(1), 41-52
[9] Sakti, D. P. B., Hermanto, H., & Nurmayanti, S. (2022). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas (Bmc) Bagi Pengelola Bumdes Desa Prsinggasela Selatan. Jurnal Pepadu, 3(4), 476-480.
[10] Simangunsong, P. C. T., & Alamsyah, N. (2023). Perumusan Strategi Pemasaran Di Pt Gerbang Saranabaja Dengan Matriks IFE & EFE. Academy of Education Journal, 14(2), 256-268.
[11] Sepriyadi, M. I., Wardani, A., Syahfitri, M., Alfayyadh, M., & Resmaliana, R. (2023). Analisis Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Cimol Aa di Kota Tanjungpinang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2270-2281.
[12] Yam, J. H. (2020). Manajemen strategi: konsep & implementasi. Nas Media Pustaka.