Usulan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SOAR dan Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Sanjai Darsi

  • Teddy Purnama Darsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suherman Suherman
  • Ismu Kusumanto
  • Rika Rika
  • Melfa Yola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha pada UMKM Sanjai Darsi dengan menggunakan metode SOAR (Strength, Opportunity, Aspiration, Result) dan memberikan usulan model bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Faktor internal yang dianalisis meliputi kekuatan produk, seperti variasi rasa, kualitas yang konsisten, serta adanya sertifikasi halal. Sementara itu, faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha termasuk tren pasar yang berkembang, persaingan dengan UMKM lain, dan dukungan pemerintah. Dari hasil analisis SOAR, beberapa strategi pengembangan usaha diusulkan, seperti memperluas jangkauan pemasaran, memperkuat kualitas produk, dan optimalisasi promosi melalui media sosial. Usulan model bisnis dengan BMC menekankan pentingnya pemahaman segmen pelanggan, peningkatan proposisi nilai produk, serta pemanfaatan saluran distribusi yang tepat. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan UMKM Sanjai Darsi dapat meningkatkan daya saingnya di pasar makanan tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 24, 2025
How to Cite
DARSI, Teddy Purnama et al. Usulan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SOAR dan Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Sanjai Darsi. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 185 - 194, mar. 2025. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/8732>. Date accessed: 29 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v25i2.8732.
Section
Articles