Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) Terhadap Kemampuan Berpikir Induktif IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pakuhaji 2 Kabupaten Tangerang

  • Abriyah Abriyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Candra Puspita Rini
  • Rizki Zuliani
  • Saktian Dwi Hartantri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aam Amaliyah Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Penelitian kuantitatif eksperimen ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan berpikir induktif IPA siswa antara yang diberikan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dengan yang diberikan model pembelajaran konvensional. Sampel yang diteliti terdiri dari 30 siswa kelas kesperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Uji normalitas dengan uji chi-kuadrat (2) didapat 2 hitung = 38,41 > 2 tabel = 7,815 dan kelas kontrol 2 hitung = 39,55 < 2 tabel = 7,815, maka H0 diterima sampel normal, sedangkan uji homogenitas dengan data pretes Fhitung = 2,128 > Ftabel 1,850 dan data postes Fhitung 0,875 > Ftabel 1,850 hal ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05. Analisis data menunjukkan untuk data pretes thitung = 2,049 < ttabel 2,45 berarti H0 diterima, dan data postes thitung = 0,252 > ttabel = 2,045. Maka  H0 ditolak H0 diterima., maka dapat disimpulkan dari hasil uji hipotesis menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir induktif antara siswa yang menerapkaan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 21, 2022
How to Cite
ABRIYAH, Abriyah et al. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) Terhadap Kemampuan Berpikir Induktif IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pakuhaji 2 Kabupaten Tangerang. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 190-196, aug. 2022. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/4433>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v6i1.4433.
Section
Articles