ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DARATAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V SDN SALEMBARAN III KABUPATEN TANGERANG
Abstract
ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DARATAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V SDN SALEMBARAN III KABUPATEN TANGERANG Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya materi kenampakan alam daratan melalui pembelajaran daring. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil data di SDN Salembaran III Kabupaten Tangerang dengan subjek penelitian 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data dikumpulkan dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, pemyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan analisis data minat belajar siswa pada materi kenampakan alam daratan melalui pembelajaran yaitu dilihat dari pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner atau angket dan dokumentasi. Diperoleh hasil minat belajar siswa pada materi kenampakan alam daratan secara keseluruhan berada pada kategori rendah yaitu 50,0%, namun alangkah baiknya guru lebih bisa mengajar dengan baik, metode yang digunakan sesuai dengan materi yang diajarkan, karena pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dapat membantu minat belajar siswa, serta dapat membangkitkan semangat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran selama pandemic Covid-19