PERBEDAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JATI 5 KOTA TANGERANG

Authors

  • Candra Puspita Rini Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aam Amaliyah Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Saktian Dwi Hartantri Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dana Yustiara Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.8099

Keywords:

Pendekatan RME, Pendekatan CTL, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SDN Jati V Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk uraian (essay). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum proses belajar mengajar di SDN Jati V Kota Tangerang telah berjalan lancar. Penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses belajar mengajar menekankan pada kegiatan menyelesaikan suatu permasalahan dan pengalaman siswa secara kehidupan nyata sehari-hari.

 Kata Kunci: Pendekatan RME, Pendekatan CTL, Hasil Belajar Matematika

 

 

 

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Rini, C. P., Amaliyah, A., Hartantri, S. D., & Yustiara, D. (2024). PERBEDAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JATI 5 KOTA TANGERANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 8(1), 26–33. https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.8099

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.