PERBEDAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JATI 5 KOTA TANGERANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SDN Jati V Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk uraian (essay). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum proses belajar mengajar di SDN Jati V Kota Tangerang telah berjalan lancar. Penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses belajar mengajar menekankan pada kegiatan menyelesaikan suatu permasalahan dan pengalaman siswa secara kehidupan nyata sehari-hari.
Kata Kunci: Pendekatan RME, Pendekatan CTL, Hasil Belajar Matematika