PERBEDAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JATI 5 KOTA TANGERANG

  • Candra Puspita Rini Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aam Amaliyah Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Saktian Dwi Hartantri Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dana Yustiara Prodi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SDN Jati V Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumen tes hasil belajar matematika berbentuk uraian (essay). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum proses belajar mengajar di SDN Jati V Kota Tangerang telah berjalan lancar. Penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses belajar mengajar menekankan pada kegiatan menyelesaikan suatu permasalahan dan pengalaman siswa secara kehidupan nyata sehari-hari.


 Kata Kunci: Pendekatan RME, Pendekatan CTL, Hasil Belajar Matematika


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 15, 2024
How to Cite
RINI, Candra Puspita et al. PERBEDAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN JATI 5 KOTA TANGERANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 26-33, aug. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/8099>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.8099.
Section
Articles