PENGARUH MODEL CLIS (CILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI CIPONDOH 2 KOTA TANGERANG

Authors

  • candra puspita rini Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3516

Keywords:

Model Pembelajaran CLIS, Kecerdasan Interpersonal Siswa, Metode Quasi Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dengan siswa yang menggunakan pengajaran secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang yang berjumlah 77 siswa yaitu kelas IVA yang berjumlah 40 sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes kecerdasan interpersonal berbentuk angket yang terdiri dari 30 soal yang valid dan realibel. Untuk pengujian hipotesis pretes dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh thitung = 0,387 dan ttabel = 1,992, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,937 dan ttabel = 1,992, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rat nilai postes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa kecerdasaninterpersonal siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) lebih tinggi dari pada memnggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

rini, candra puspita. (2022). PENGARUH MODEL CLIS (CILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI CIPONDOH 2 KOTA TANGERANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 5(2), 74–82. https://doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3516

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.