PENGARUH MODEL CLIS (CILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI CIPONDOH 2 KOTA TANGERANG

  • candra puspita rini Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dengan siswa yang menggunakan pengajaran secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang yang berjumlah 77 siswa yaitu kelas IVA yang berjumlah 40 sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes kecerdasan interpersonal berbentuk angket yang terdiri dari 30 soal yang valid dan realibel. Untuk pengujian hipotesis pretes dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh thitung = 0,387 dan ttabel = 1,992, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,937 dan ttabel = 1,992, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rat nilai postes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa kecerdasaninterpersonal siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) lebih tinggi dari pada memnggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 5, 2022
How to Cite
RINI, candra puspita. PENGARUH MODEL CLIS (CILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI CIPONDOH 2 KOTA TANGERANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 74-82, jan. 2022. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/3516>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3516.
Section
Articles