ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAAN IPS KELAS IV SD NEGERI KEDAUNG BARAT III KABUPATEN TANGERANG

  • saktian dwi hartantri universitas muhammadiyah tangerang

Abstract

Dalam kehidupan sosial, seseorang dituntut untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. Dari dasar tersebut, maka penting untuk mempelajari IPS dan pemecahan masalahnya dengan menggunakan keterampilan berpikir kritis yang harus dikuasai oleh siswa sehingga siswa dilatih sejak dini untuk memiliki persiapan yang matang untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS  Kelas IV SD Negeri Kedaung Barat III Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari  wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang dan dipilih secara random ditambah satu orang lagi yaitu wali kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada siswa maka dapat disimpulkan siswa yang menguasai keterampilan berpikir kritis masih kurang. Dilihat dari penguasaan indikator dalam tahapan berpikir kritis siswa kebanyakan langsung bisa menyimpulkan jawaban yang mereka dapat tanpa mengenali dan mengamati pertanyaan atau masalah yang mereka akan pecahkan. Mereka juga bisa memberikan alasan mengambil keputusan tersebut tapi belum bisa menjawab dan menganalisis mengapa alasan tersebut diambil dan dijadikan sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 5, 2022
How to Cite
HARTANTRI, saktian dwi. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAAN IPS KELAS IV SD NEGERI KEDAUNG BARAT III KABUPATEN TANGERANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 83-90, jan. 2022. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/3517>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3517.
Section
Articles