ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAAN IPS KELAS IV SD NEGERI KEDAUNG BARAT III KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • saktian dwi hartantri universitas muhammadiyah tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3517

Keywords:

Berpikir Kritis, IPS

Abstract

Dalam kehidupan sosial, seseorang dituntut untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. Dari dasar tersebut, maka penting untuk mempelajari IPS dan pemecahan masalahnya dengan menggunakan keterampilan berpikir kritis yang harus dikuasai oleh siswa sehingga siswa dilatih sejak dini untuk memiliki persiapan yang matang untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS  Kelas IV SD Negeri Kedaung Barat III Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari  wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang dan dipilih secara random ditambah satu orang lagi yaitu wali kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada siswa maka dapat disimpulkan siswa yang menguasai keterampilan berpikir kritis masih kurang. Dilihat dari penguasaan indikator dalam tahapan berpikir kritis siswa kebanyakan langsung bisa menyimpulkan jawaban yang mereka dapat tanpa mengenali dan mengamati pertanyaan atau masalah yang mereka akan pecahkan. Mereka juga bisa memberikan alasan mengambil keputusan tersebut tapi belum bisa menjawab dan menganalisis mengapa alasan tersebut diambil dan dijadikan sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

hartantri, saktian dwi. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAAN IPS KELAS IV SD NEGERI KEDAUNG BARAT III KABUPATEN TANGERANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 5(2), 83–90. https://doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3517

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.