PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI BOTO 02 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Elita Varia Zuliyaningsih
  • Heny Dewi Koeswanti
  • Sri Giarti

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.355

Keywords:

hasil belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuanya adalah memperbaiki hasil
belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas 5
SDN Boto 02 Kecamatan Bancak Kabupaten semarang tahun 2017/2018. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Boto 02 Kecamatan Bancak Kabupaten
semarang. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, kajian dokumen, dan tes, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Simpulan
hasil penelitian adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat memperbaiki
hasil belajar IPA. ketercapaian hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 73%. Pada siklus 2
hasil belajar siswa meningkat menjadi 81,75%.

Downloads

Published

2018-05-03

How to Cite

Zuliyaningsih, E. V., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI BOTO 02 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 47–57. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.355

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.