ANALISIS KELAYAKAN MATERI LKPD YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KEATIF SISWA SD
Abstract
Pengembangan LKPD yang berorientasi pada kemampuan berpikir kretif siswa ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk LKPD yang mampu mengembangkan keterampilan creative thinking siswa sesuai dengan tuntutan pada era 21. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode Research and Development/R&D dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk (1974) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Penelitian ini menghasilkan suatu produk LKPD yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan tingkat kelayakan materi pada tahap pertama yaitu 72% yang dalam presentase kiteria termasuk dalam 61% - 80% dengan keterangan layak Kemudian pada tahap kedua uji validitas ahli materi, tingkat kelayakan LKPD sebesart 98% dimana dalam presentase kriteria 81% - 100% dengan keterangan sangat layak. Dengan adanya LKPD yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa diharapkan mampu untuk melakukan pembalajaran secara mandiri dan dapat menarik minat belajar siswa serta mampu mengembangakn keterampilan creative thinking.