PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ayuningsih Tri Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Fahmi Johan Syah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media quizizz dalam meningkatkan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri Pucangan 3. Tahap penelitian ini dimulai dari tahap pra siklus, kemudian tahap siklus 1, dan selanjutnya tahap siklus 2. Tahap pra siklus yaitu tahap mengobservasi keaktifan peserta didik sebelum melakukan penerapan media quizizz. Tahap siklus 1, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tahap siklus 2 sama seperti siklus 1, namun lebih menyempurnakan pelaksanaan tindakan pada siklus 1. Teknik pengumpulan data ini melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analaisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V pada pra siklus terdapat skor rata-rata 57,50 dengan rentang 0-100. Pada siklus 1, peneliti melakukan penerapan media quizizz pada pembelajaran IPAS dan terdapat kenaikan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V menjadi 78,47 dengan rentang 0-100. Berdasarkan siklus 1, terdapat perbaikan peneliti dengan penambahan soal quizizz dan penyempurnaan media quizizz yang lebih variatif hingga keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V menjadi 84,22 dengan rentang 0-100. Sehingga penerapan media quizizz dapat meningkatkan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri Pucangan 3.


Kata Kunci: Quizizz, Keaktifan Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2024
How to Cite
UTAMI, Ayuningsih Tri; SYAH, Muhammad Fahmi Johan. PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 34-42, may 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/7610>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.7610.
Section
Articles