Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Authors

  • Sofa Qurrata A'yun Stikes Husada Jombang
  • Ervi Suminar Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fardah Etsa Maulani Stikes Insan Se Agung Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2289

Keywords:

PHBS, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan

Abstract

PHBS di sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil  pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Anak usia sekolah rentan terhadap masalah kesehatan dan perubahan, masalah ini kurang diperhatikan oleh orang tua dan pihak sekolah. Padahal peranan mereka mempengaruhi kualitas hidup anak di kemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan siswa tentang PHBS.

Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental dengan one-group pre test-post test design, populasinya semua siswa di SDN Kraton 5 Bangkalan sebanyak 207 siswa, sedangkan sampel yang di ambil sebanyak 136 siswa secara simple random sampling. Variabel penelitiannya adalah PHBS dan pendidikan kesehatan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank.

Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan siswa sebelum dilakukan pendidikan kesehatan sebagian besar adalah kurang sebanyak 63 siswa (46,2%) dan pengetahuan siswa setelah dilakukan pendidikan kesehatan sebagian besar adalah baik yaitu sebanyak 58 siswa (50%). Pada analisa Wilcoxon Signed Rank menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan siswa tentang  PHBS di SDN Kraton 5 Bangkalan (p = 0.000 < a = 0.05).

Berdasarkan hasil penelitian, maka diharapkan bagi tenaga kesehatan dapat mendekatkan pelayanan dengan mengaktifkan kunjungan ke sekolah dan memberikan pendidikan kesehatan yang berkala khususnya tentang PHBS agar siswa mengerti dan dapat menerapkan kebiasaan dalam melaksanakan PHBS.

References

Lubis, Z. S. A., Lubis, N. L., & Syahrial, E. (2013). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Penfetahuan Dan Sikap Anak Tentang PHBS Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan. PPKIS Universitas Sumatera Utara. https://media.neliti.com/media/publications/14398-ID-pengaruh-penyuluhan-dengan-metode-ceramah-dan-diskusi-terhadap-peningkatan-penge.pdf
Notoatmodjo, S. (2011a). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2011b). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni Edisi Revisi. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Di Sekolah. Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Pickett, D. (2009). Kesehatan Masyarakat: Administrasi dan Praktek. EGC.
Proverawati, A., & Rahmawati, A. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nuha Medika.
Umiziah, L. D. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/42020/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

A’yun, S. Q., Suminar, E., & Maulani, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2), 6–12. https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2289

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.