Pengaruh Self Help Group (SHG) Terhadap Koping Mahasiswa Baru Program Studi Ilmu Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.30587/ijpn.v4i2.6985Keywords:
Self Help Group, Koping, MahasiswaAbstract
Pada masa perkembangan remaja, banyak permasalahan yang dihadapi sehingga interaksi teman sebaya sangat penting untuk menghindari gangguan mental. Masalah kesehatan mental pada remaja adalah stres, kecemasan, gangguan mental emosional dan risiko terjadinya depresi. Self Help Group (SHG) menjadi salah satu alternatif terapi yang terbentuk dari kelompok yang dibangun oleh individu teman sebaya dalam rangka memenuhi kepentingan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan koping mahasiswa baru program studi ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Gresik lewat terapi Self Help Group. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah pretest-posttest design. Kelompok akan dilakukan pretest terlebih dahulu tentang koping kemudian dilakukan terapi kelompok “Self Help Group”. Setelah itu dilakukan posttest untuk melihat peningkatan koping mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa yang dibagi menjadi 4 kelompok kecil. Hasil Penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh Self Help Group terhadap Koping Mahasiswa Baru Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gresik. Terapi SHG ini diharapkan dapat membantu meningkatkan Koping Mahasiswa agar terhindar dari masalah kesehatan mental emosional yang rentan terjadi pada usia remaja akhir.
References
Hasanah, U., Tribrilianti, A. Z., & Oktaviani, M. (2023). Exploring the Coping Strategies to Maintain Students’ Mental Health. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-050-3_25
Huriah. (2012). Analisis Faktor Yang Mempengruhi Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Fakultas Siswa SMK Kesatrian Solo Kartasura Sukoharjo. The Soedirman Journal Of Nursing, 6.
Krisdianto, M. A., & Mulyanti, M. (2016). Mekanisme Koping dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 3(2), 71. https://doi.org/10.21927/jnki.2015.3(2).71-76
Lavari, W. (2019). Gambaran Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Hang Tuah Pekanbaru. Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 8(1), 32–41. https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/215
Malfasari, E., Febtrina, R., Herniyanti, R., Timur, L. B., Sekaki, P., Tim, L. B., Kota, P., & Pekanbaru, K. (2020). Kondisi Mental Emosional pada Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 241–246.
Melina, S. A., & Herbawani, C. K. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi Covid-19 : Tinjauan Literatur. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(4),286–291. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.286-291
Modul Keperawatan Jiwa. (2016). Modul Keperawatan Jiwa. Universitas Indonesia.
Munthe, N., & Saragi, M. P. D. (2023). Examining the Levels of Depression among University Students during the Final Assignment. Journal of Educational, Health and Community Psychology,1(1),200. https://doi.org/10.12928/jehcp.v1i1.25959
Sandra, G. M., & Surjaningrum, E. R. (2022). Tinjauan Literatur : Mekanisme Koping Remaja yang Berduka Akibat Kematian Orangtua. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi Universitas Airlangga4,71–87. ttp://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Santrock, J. (2015). Psikologi Pendidikan edisi kedua (Kedua). Kencana.
Suhariati HI. Hubungan Peran Keluarga Dengan Depresi Remaja Belajar Daring Selama Pandemi COVID-19. Keperawatan [Internet]. 2021;19(1):26–36. Tersedia pada: https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products -solutions/factory-automation/index.html
Sutini, T., Anna Keliat, B., & Gayatri, D. (2014). Pengaruh Terapi Self-Help Groupterhadap Koping Keluarga dengan Anak Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, v2(n2), 116–123. https://doi.org/10.24198/jkp.v2n2.6
Suwetty, A. M. (2018). Self Help Group Effect and Spiritual Emotional Freedom Technique as a Method in Decreasing Smoking Behavior among Adolescent: Systematic. The 4th International Conference on Nursing (ICON), 4(2).
Tang S, Xiang M, Cheung T, Xiang Y. Mental Health And Its Correlates Among Children And Adolescents During COVID-19 School Closure: The Importance Of Parent-Child Discussion. J Affect Disord. 2021;279:353–60.
Widhiastuti, H. (2020). Manajemen Stress Menggunakan Hypnoterapi. In Universitas Semarang Press.