Pengaruh Edukasi First Aid Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Efikasi Diri Layperson Di Mi.Ma'arif Sidomukti

Authors

  • Khoirunnisa' Nisrina Nabilasari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widya Lita Fitrianur Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diah Jerita Eka Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Endri Wijanarko Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v6i1.9799

Keywords:

First Aid, Pengetahuan, Efikasi Diri, Layperson

Abstract

Siswa Sekolah Dasar (SD) merupakan kelompok yang berisiko tinggi terhadap kejadian cedera yang memiliki dampak ringan hingga fatal. Cedera yang terjadi membutuhkan penanganan yang tepat, keterlambatan dalam pemberian pertolongan bisa berakibat fatal dan mengakibatkan komplikasi. Dalam melakukan pertolongan pertama, diperlukan pengetahuan dan efikasi diri yang baik sehingga mengurangi tingkat kesakitan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh edukasi first aid terhadap tingkat pengetahuan dan efikasi diri layperson. Penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan pendekatan One Grup Pre Test-Post Test. Populasi penelitian ini 185 siswa. sampel penelitian ini yaitu 53 siswa kelas 5 dan 6 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan memberikan edukasi first aid dan kuesioner tingkat pengetahuan serta efikasi diri. Analisa data menggunakan Uji Wilcoxon. Tingkat pengetahuan sebelum diberikan edukasi first aid sebanyak 30 (56,6%) cukup. Tingkat pengetahuan sesudah diberikan edukasi first aid sebanyak 47 (88,7%) baik. Efikasi diri sebelum edukasi first aid sebanyak 27 (50,9%) tinggi. Efikasi diri sesudah edukasi first aid sebanyak 48 (90,6%) tinggi. Hasil uji wilcoxon didapatkan p value 0,000 < 0,05. Ada pengaruh edukasi first aid terhadap tingkat pengetahuan dan efikasi diri layperson di Mi. Ma’arif Sidomukti. Saran bagi sekolah untuk mengadakan pelatihan first aid secara berkala bagi siswa dalam melakukan pertolongan pertama pada kasus cedera.

References

Al-Hajj, S., Nehme, R., Hatoum, F., Zheng, A., & Pike, I. (2020). Child school injury in Lebanon: A study to assess injury incidence, severity and risk factors. PLoS ONE, 15(6), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0233465

Alves, D. M., Leite, I., Const, L., Cristina, K., Brunna, T., Pinheiro, M., Ribeiro, B., Vieira, D., Assis, R., & Dantas, N. (2023). International Journal of Educational Research Open First aid teaching for schoolchildren : Scoping review. Al Journal of Educational Research Open, 5(November), 8. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100305

Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes Piaget ’ s Theory of Cognitive Development Analysis in 11 Year Olds in Brebes. JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA I, 6(1), 97–108.

Andriani, R., Apriani, F., Rosita, E., Putri, S. M., Yunita, S., Ramadanil, R., & Rahmalia, R. (2024). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Menengah Pertama Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( P3K ). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6, 41–50.

Anggun, N., Putri, S., Suindrayasa, I. M., Oka, M., & Kamayani, A. (2022). PENGETAHUAN BERHUBUNGAN DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA REMAJA. 10(April 2022), 187–192.

Atmojo, D. susetiyanto, & Rahmawati, E. quyumu. (2023). HUBUNGAN PELATIHAN BERBASIS SIMULASI TERHADAP SELF EFFICACY DAN KOMPETENSI RELAWAN DALAM KEGAWATDARURATAN. 11(2), 71–75.

Gusti, N., Santika, A., Susy, P., Astini, N., & Sipahutar, I. E. (2020). EDUKASI DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP EFIKASI DIRI PADA ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Gema Keperawatan, 13, 66.

Hardianti, Kusyairy, U., & Muh.Rusdi.T. (2020). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SALAT PADA ANAK USIA DINI. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3, 80–89.

Huy, L. D., Tung, P. T., Nhu, L. N. Q., Linh, N. T., Tra, D. T., Thao, N. V. P., Tien, T. X., Hai, H. H., Van Khoa, V., Phuong, N. T. A., Long, H. B., & Linh, B. P. (2022). The willingness to perform first aid among high school students and associated factors in Hue, Vietnam. PLoS ONE, 17(7 July), 1–19. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0271567

Khairunnisa, D. M. J., Kadri, H., Pebrianti, D. K., Yesni, M., Yanti, R. D., Armina, & Rahmadhani, D. Y. (2023). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dengan Upaya Pencegahan Tuberkulosis Paru. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi (JABJ), 12(September), 337–343.

Krisdian, E. A., & Subekti, I. (2021). E-BOOK CERITA BERGAMBAR PENCEGAHAN BULLYING UNTUK ANAK USIA 9-11 TAHUN BERBASIS ALKITAB. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 57–68. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68

Lianto. (2019). Self-Efficacy : A brief literature review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15, 55–61.

Marbun, A. S., & Sembiring, E. (2023). Edukasi Kesehatan Dan Praktik Pertolongan Pertama Pada Siswa Sekolah Dasar Yang Mengalami Sinkop. 2(1), 130–135.

Nastiti, E. M., Darotin, R., Ekaprasetia, F., Nastiti, E. M., Darotin, R., Ekaprasetia, F., Studi, P., Keperawatan, I., & Kesehatan, F. I. (2023). Efikasi Diri Siswa Sekolah sebagai Layperson Pemberian Pertolongan Pertama Cedera (Self-Efficacy Students as Layperson Providing First Aid in Injury). 12(1), 63–68.

Oktaviani, E., & Feri, J. (2020). Pelatihan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan di sekolah dengan metode simulasi. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 403–413. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Oktaviani, E., Feri, J., & Susmini. (2020). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kasus kegawatdaruratan di sekolah dengan metode simulasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan (JPKMK), 3(1), 70–77.

Pebriana, P. H., & Mulyani, E. A. (2022). Pelatihan Membaca Kritis Untuk Mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Putri, M. arianti, & Eko, A. T. (2021). EDUKASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN PADA SISWA SMK AR RAHMAN NGUNTORONADI. JURNAL BHAKTI CIVITAS AKADEMIKA, IV, 31–37. http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jbca%0AEDUKASI

Qona, A., Wahyuni, E. D., Pangestu, A., Tyas, M., Mardhika, A., & Lia, H. (2023). FIRST AID TRAINING IN ACCIDENT FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS : EFFORTS TO IMPROVE STUDENT ’ S KNOWLEDGE AND SKILLS. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM KESEHATAN, 5(1). https://doi.org/10.20473/jpmk.v5i1.45099

Rachmawati, W. C. (2019). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Wineka Media. http://www.winekamedia.com

Ramadhiani, A. R., Paradilawati, C. Y., & Widyasari. (2023). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan Dan Buang) Obat di Desa Kerujon. Majalah Farmaseutik, 19(1), 48–54. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v19i1.73424

Ristanto, R. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE SIMULASI TERHADAP PNGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DOKER KECIL PADA PENANGANAN LUKA TERBUKA. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, December 2019, 157. https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.109

Rizki, P., Badri, A., Rosita, Y., & Peratiwi, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Masyarakat Tentang Faktor Risiko Hiperurisemia. Syifa’ MEDIKA, 10(2), 145.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Sagala, M. S., Zahara, S., & Hasnida. (2023). EDUKASI TERHADAP SELF EFFICACY DAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER KOLOREKTAL YANG MENJALANI KEMOTERAPI. Journal of Telenursing, 5(2020), 2551–2559. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joting.v5i2.7349

Sari, irma mustika, & Noorratri, erika dewi. (2024). Enhancing first aid knowledge for students at SDN Mojorejo 2 Sragen. 9(1), 53–60. https://doi.org/doi 10.31603

Utami, M. P. S. (2020). Pengenalan Safety Injury Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 4(2), 65–71. https://doi.org/10.52643/pamas.v4i2.752

Fitrianur, W.L. (2019). ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANSIETAS DAN DEPRESI PADA PASIEN MULTIDRUG RESISTANT TUBERCULOSIS (MDR-TB).

Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2).

Wulandari, T. (2021). Peranan Media Massa dalam Penyebaran Informasi Masyarakat. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/triwull/60124844d541df7c55160192/peranan-media-massa-dalam-penyebaran-informasi-masyarakat

Wulandini, P., Fitri, A., & Sari, T. K. (2019). PENGETAHUAN SISWA / I TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN SAAT BEROLAHRAGA DI SMA OLAHRAGA RUMBAI PEKANBARU PROVINSI RIAU 2019. Keperawatan Abdurrab, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.36341

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nabilasari, K. N., Fitrianur, W. L., Sari, D. J. E., Widiharti, W., & Wijanarko, E. (2025). Pengaruh Edukasi First Aid Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Efikasi Diri Layperson Di Mi.Ma’arif Sidomukti. Indonesian Journal of Professional Nursing, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.30587/ijpn.v6i1.9799

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.