Hubungan Komunikasi Terapeutik Dalam Pemberian Obat dengan Tingkat Kepuasan Pasien

  • Levi Tina Sari Stikes Patria Husada Blitar
  • Ervi Suminar Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

ABSTRAK


 Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dalam pemberian obat dengan  tingkat kepuasan  pasien di Irna A RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan.


Penelitian ini menggunakan desain Analitik Corelative dengan pendekatan Cross sectional.Populasi penelitian adalah semua pasien yang dirawat  di Irna A RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan sebanyak 63 pasien. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 54 pasien.Cara pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik kuota sampling.Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kemudian dianalisa menggunakan Spearman Rank dengan α = 0,05.


Hasil penelitian, dari 34 orang dengan komunikasi terapeutik kurang, 13 pasien (38,2%) merasa kurang puas, 19 pasien (55,9 %) merasa cukup puas dan 2 pasien (5,9%) merasa puas. UjiSpearman Rank menunjukkan ρvalue =0,001 < α=0,05 yang berarti ada hubungan antara komunikasi terapeutik dalam pemberian obat dengan tingkat kepuasan pasien di Irna A  RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan.


Berdasarkan hasil penelitian,  maka disarankan untuk para perawat dapat menyadari tentang pentingnya komunikasi terapeutik, sehingga dengan menerapkan komunikasi terapeutik yang akan berdampak positif terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan di Irna A RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2021
How to Cite
SARI, Levi Tina; SUMINAR, Ervi. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dalam Pemberian Obat dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 54-62, mar. 2021. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/2304>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2304.
Section
Articles