Efektivitas Teknik Distraksi Audiovisual Terhadap Derajat Kecemasan Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah

  • Daniar Hani Lestari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ervi Suminar Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Hospitalisasi dapat menimbulkan perubahan pada anak seperti anak takut dengan lingkungan baru, hilang kontrol terhadap dirinya sendiri, anak lebih sering menangis, manja dan agresif, mengalami depresi dan regresi atau kemunduran perkembangan. Bagi anak, sakit, rawat inap, dan pengobatan merupakan pengalaman tidak menyenangkan, menakutkan, mengganggu, dan menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan teknik distraksi audiovisual pada anak prasekolah di ruang anak RS Muhammadiyah Gresik.


Desain penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimental design one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah rata-rata pasien anak prasekolah per bulan yang di rawat di ruang anak RS Muhammadiyah Gresik sejumlah 50 anak, sampelnya berjumlah 45 anak dengan teknik accidental sampling. Varibel bebas yaitu teknik distraksi audiovisual serta varible terikat yaitu kecemasan hospitalisasi. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner SCAS pre school for parent. Teknik analisis data menggunakan uji statistic Wilcoxon test.


Hasil penelitian ini didapatkan dari 45 responden, sebelum pemberian teknik distraksi audiovisual sebagian besar responden mengalami tingkat kecemasan berat sejumlah 25 (56%) anak dan cemas sedang sejumlah 15 (33%) anak, sesudah pemberian teknik distraksi audivisual sebagian besar mengalami tingkat kecemasan ringan sejumlah 30 (67%) anak dan cemas sedang sejumlah 5 (11%) anak. Uji statistic Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p=0,00  jauh lebih rendah dari standart signifikan 0,05 (p<α).


Kesimpulannya adalah ada perbedaan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi sebelum dan sesudah diberikan teknik distraksi audiovisual pada anak prasekolah di ruang anak RS Muhamamdiyah Gresik.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 31, 2024
How to Cite
LESTARI, Daniar Hani; SUMINAR, Ervi. Efektivitas Teknik Distraksi Audiovisual Terhadap Derajat Kecemasan Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 33 - 40, july 2024. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/6461>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v5i1.6461.
Section
Articles