Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Di Era Pembelajaran Virtual Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Perguruan tinggi meniadakan kegiatan belajar mengajar di kampus dan mengalihkannya menjadi pembelajaran jarak jauh (Virtual), Perubahan sistem pembelajaran yang terjadi akibat Covid-19 tentunya berdampak buruk pada psikologis mahasiswa salah satunya adalah stress .Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa fakultas kesehatan Universitas Muhammadiyah Gresik di era pembelajaran virtual masa pandemi.
Penelitian obrservasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi 349 mahasiswa, sampel 186 mahasiswa , teknik sampling simple random sampling. Variabel independen Interaksi, akses internet, ekonomi keluarga, ketetapan jadwal, pengetahuan dan kejenuhan belajar. Variable dependen tingkat stress. Analisa data menggunakan analisis bivariat uji chi square
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara interaksi p=0,002<0,05, akses internet p=0,000<0,05 , ketetapan jadwal p=0,000<0,05 , pengetahuan p=0,000<0,05, kejenuhan p=0,000 <0,05, dengan tingkat stress dan tidak ada hubungan antara ekomoni ρ=0,058.>0,05 dengan tingkat stress.
Ada hubungan interaksi, akses internet, ketetapan jadwal, pengetahuan media SPADA , kejenuhan belajar dengan tingkat stress mahasiswa dan tidak ada hubungan ekonomi keluarga dengan tingkat stress mahasiswa
Universitas dapat merancang metode-metode baru terkait pembelajaran virtual diera pandemi atau dengan mengadakan pertemuan seminggu sekali dengan kapasitas 50% mahasiswa sehingga bisa meminimalisir kejadian stres