Pengukuran Indeks Massa Tubuh, Asupan Lemak, Dan Asupan Natrium Kaitannya Dengan Kejadian Hipertensi Pada Kelompok Dewasa Di Kabupaten Jombang

  • Amalia Rahma Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Peggy Setyaning Baskari Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

ABSTRACT


This study aims to analyse correlation of Body Mass Index, fat and natrium intake with the incident of hypertension in adult in Jombang, East Java. The research method using the analytical survey with cross sectional design. The number of subjects in the research are 74 persons that can be using cluster technique sampling. The data retrieval that by doing measures of blood pressure, height, weight, and interview the intake of eating using form SQ-FFQ, and biavriate analysis using chi-square test. The result analysis of correlation BMI with the incident of hypertension obtained p-value=0.034 and OR=4.85, correlation analysis between fat intake with the incident of hypertension obtained p-value=0.438, and corretaion analysis sodium intake with the incident of hypertensionobtained p-value=0.000 and OR=115.5. The concludes of study there was correlation between BMI and sodium intake with the incident of hypertension, but there wasn’t correlation between fat intake with the incident of hypertension.


 


Keywords: Fat intake, sodium intake, hypertension, body mass index


 


ABSTRAK


 


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Indeks Massa Tubuh, asupan lemak, dan asupan natrium dengan kejadian hipertensi di Desa Japanan Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Metode penelitian menggunakan metode survei analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 74 orang yang didapat dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengambilan data yaitu dengan melakukan pengukuran tekanan darah, tinggi badan, berat badan, dan wawancara asupan makan menggunakan form SQ-FFQ, dan analisis bivariat dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil analisis hubungan IMT dengan kejadian hipertensi didapatkan nilai p=0,034 dan OR=4,85, analisis hubungan asupan lemak dengan kejadian hipertensi didapatkan nilai p=0,438, dan analisis hubungan asupan natrium dengan kejadian hipertensi didapatkan nilai nilai p=0,000 dan OR 115,5. Keseimpulan dari penelitian adalah ada hubungan IMT dan asupan natrium dengan kejadian hipertensi, namun tidak ada hubungan asupan lemak dengan kejadian hipertensi.


 


Kata kunci: Asupan lemak, asupan natrium,hipertensi,indeks massa tubuh

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 9, 2019
How to Cite
RAHMA, Amalia; BASKARI, Peggy Setyaning. Pengukuran Indeks Massa Tubuh, Asupan Lemak, Dan Asupan Natrium Kaitannya Dengan Kejadian Hipertensi Pada Kelompok Dewasa Di Kabupaten Jombang. Ghidza Media Jurnal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 53-62, dec. 2019. ISSN 2716-5108. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ghidzamediajurnal/article/view/1080>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ghidzamediajurnal.v1i1.1080.
Section
Articles