Guideline

 

Sebelum menyiapkan dan mengirimkan naskah artikel, perlu diketahui bahwa penulis tidak disarankan untuk menarik kembali makalah yang diserahkan setelah dalam proses publikasi (review, copyedit, layout, dll.,). Selama ini, Ghidza Media Journal, telah menghabiskan sumber daya yang berharga selain waktu yang dihabiskan dalam prosesnya.

Ghidza Media Jurnal, menerima jenis kertas berikut:

  1. Artikel Penelitian (hingga ~5000 kata, termasuk referensi, catatan, dan keterangan, atau ~5 halaman cetak) diharapkan memberikan kemajuan besar. Artikel Penelitian mencakup abstrak, pengantar, hingga enam gambar atau tabel, bagian dengan subjudul singkat, dan lebih dari 20 referensi. Bahan dan Metode biasanya harus disertakan dalam bahan pelengkap, yang juga harus mencakup informasi yang diperlukan untuk mendukung kesimpulan makalah.
  2. Laporan (hingga 5000 kata termasuk referensi, catatan dan keterangan atau ~ 3 halaman cetak) menyajikan hasil penelitian baru yang penting dengan signifikansi luas. Laporan harus mencakup abstrak, paragraf pengantar, hingga empat gambar atau tabel, dan sekitar 30 referensi. Bahan dan Metode biasanya harus disertakan dalam bahan pelengkap, yang juga harus mencakup informasi yang diperlukan untuk mendukung kesimpulan makalah
  3. Ulasan (hingga 3500 kata termasuk referensi, catatan, dan keterangan) menggambarkan perkembangan baru dari signifikansi interdisipliner dan menyoroti arah masa depan. Mereka termasuk abstrak, pengantar yang menguraikan tema utama, subjudul singkat, dan garis besar pertanyaan penting yang belum terselesaikan. Maksimal 40 referensi disarankan. Sebagian besar Ulasan diminta oleh editor, tetapi kiriman yang tidak diminta juga dapat dipertimbangkan.

Guideline Penulis Ghidza Media Journal

Ghidza Media Journal adalah jurnal ilmiah yang memfasilitasi publikasi dari disiplin ilmu gizi. Ghidza Media Journal diterbitkan oleh Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Ghidza Media Journal meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah di bidang gizi klinik dan dietetik, gizi masyarakat, gizi olahraga, gizi institusi, dan ilmu pangan terkait gizi.

Pedoman Umum Naskah

Pedoman umum teks manuskrip adalah sebagai berikut:

  1. Naskah merupakan hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan di media publikasi atau penerbit lain.
  2. Naskah standar yang diterima ditulis dalam bahasa Inggris;
  3. Teks manuskrip harus ditulis sebagai template artikel ini. Artikel ditulis pada kertas ukuran A4 (210x297 mm), dengan custom margin sebagai berikut: kiri 30 mm, kanan 30 mm, bawah 30 mm dan atas 30 mm.
  4. Font skrip menggunakanTimes New Rowman ketik ukuran 12 dengan spasi tunggal.
  5. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word pada kertas A4, sekitar 3.000-5.000 kata termasuk gambar, tabel dan referensi.
  6. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang berindikasi plagiarisme. Kami menggunakan perangkat lunak plagiarisme untuk memeriksa naskah Anda.
  7. Naskah terdiri dari lima judul utama:Perkenalan; Metode; Hasil; Diskusi; Kesimpulan dan saran; Referensi.
  8. Judul artikel harus sesingkat mungkin, dan harus mewakili isi naskah;
  9. Nama penulis ditulis di bawah judul, diikuti dengan afiliasi penulis dan alamat email;
  10. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak tidak melebihi 200 kata, menulis narasi yang berisi tujuan/tujuan, metode, dan temuan penelitian/penulisan;
  11. Kata kunci: kata atau frasa yang penting, spesifik, atau representatif untuk artikel dan terdiri dari 3-5 kata;
  12. Naskah harus ditulis dalam template berikut.

Guideline Badan Teks Naskah

Judul naskah:Judul harus informatif dan ditulis secara singkat dan jelas. Itu tidak bisa beragam multi interpretasi. Itu harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Kata awal ditulis dengan huruf besar dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak biasa. Gagasan utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti dengan penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam dua puluh kata, font berukuran 12pt, dengan pilihan tebal dan dalam format teks tengah.

Detail Penulis dan Kepengarangan:Semua nama penulis yang berkontribusi harus ditambahkan, dan nama mereka disusun dalam urutan yang benar untuk publikasi. Alamat email yang benar harus diberikan hanya oleh penulis yang sesuai. Nama lengkap setiap penulis harus ada dalam format yang sama persis seperti yang seharusnya ditampilkan untuk publikasi, termasuk atau mengecualikan nama tengah atau inisial yang diperlukan. Afiliasi dari setiap penulis yang berkontribusi harus benar pada nama masing-masing penulis.Jumlah maksimum penulis adalah lima orang.

Kriteria kepenulisan adalah sebagai berikut; Kontribusi substansial untuk konsepsi atau desain karya; atau perolehan, analisis, atau interpretasi data untuk pekerjaan tersebut; Menyusun karya atau merevisinya secara kritis untuk konten intelektual yang penting; Persetujuan akhir dari versi yang akan diterbitkan; Kesepakatan untuk bertanggung jawab atas semua aspek pekerjaan dalam memastikan bahwa pertanyaan yang berkaitan dengan keakuratan atau integritas dari setiap bagian pekerjaan diselidiki dan diselesaikan dengan tepat.

Abstrak: Abstrak harus ditulis maksimal 200 kata dan diikuti dengan tiga sampai lima kata kunci dan disusun menurut abjad. Abstrak harus berisi tujuan penelitian, metode, hasil, kesimpulan dan batasan (opsional). Penulis harus memberikan kata kunci yang tepat dan singkat yang merangkum topik utama makalah 3-5 frase. Abstrak ditulis dalam 1 spasi dan ukuran font 10Times New Rowman. Untuk kata kunci ukuran font 10.

Perkenalan: Pendahuluan harus memuat (urutan dan berurutan) latar belakang umum dan tinjauan literatur(keadaan seni) sebagai dasar pertanyaan penelitian baru, pernyataan artikel ilmiah baru, masalah penelitian utama, dan hipotesis. Pada bagian akhir pendahuluan harus disebutkan tujuan penulisan artikel. Mereka harus diwakili dalam tinjauan literatur untuk menunjukkan artikel ilmiah yang baru.

Metode: Metode menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan, meliputi desain penelitian, pengumpulan data, instrumen penelitian dan metode analitik. Bagian ini harus diceritakan.

Hasil dan Diskusi: Tulis hasil dalam urutan logis. Hasil dengan temuan penting harus ditampilkan terlebih dahulu. Saat mempresentasikan hasil dalam tabel atau gambar, jangan ulangi semua konten tersebut dalam teks. Sajikan hanya ringkasan teks. Jelaskan hanya aspek baru dan penting dari penelitian. Jangan ulangi semua informasi dari bagian hasil atau bagian mana pun di atas. Keterbatasan penelitian saat ini. Tulis masalah yang baru atau belum terpecahkan, untuk penelitian di masa mendatang. Bagian ini terdiri dari informasi tentang Apa/Bagaimana data yang disajikan dihasilkan, data mentah tidak boleh ada dalam artikel. Data yang dihasilkan disajikan dalam bentuk tabel, atau gambar dengan penjelasan apa hasil/temuan dari pekerjaan tersebut. Bagian ini juga perlu membahas hubungan antara temuan dan konsep dasar atau hipotesis yang dibuat sebelumnya. Penulis juga harus mengungkapkan apakah diperlukan argumen yang berkaitan dengan karya lain dari peneliti lain. Tulis implikasi yang dibuat oleh pekerjaan yang terkait dengan teori atau aplikasi.

Kesimpulan: Bagian ini merupakan bagian akhir yang berisi kesimpulan, keterbatasan dan saran. Kesimpulan akan menjadi jawaban dari hipotesis atau pertanyaan penelitian, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulan tidak boleh hanya berisi pengulangan hasil dan pembahasan. Ini harus menjadi ringkasan hasil penelitian seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Keterbatasan penelitian dan rekomendasi mengandung kekurangan dalam penelitian dan saran terkait dengan ide-ide lebih lanjut dari penelitian.

Pengakuan:Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung penelitian (sponsor dan responden). Keluarga dan pengawas tidak diperbolehkan di bagian ini.

Referensi: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus dicantumkan di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber primer(jurnal ilmiah dan paling sedikit 80% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir.

Pedoman Kutipan dan Referensi

Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Referensi harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley,Pemeriksa Plagiarisme, atau Tata bahasa. Format penulisan yang digunakan dalam Ghidza Media Journal mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edisi (Asosiasi Psikologi Amerikapada). Misalnya:

Angka

Semua Gambar (bagan, diagram, gambar garis, halaman web/tangkapan layar, dan gambar fotografi) harus diserahkan dalam bentuk elektronik. Semua Gambar harus berkualitas tinggi, dapat dibaca dan diberi nomor urut dengan angka Arab. Grafik dapat diberikan dalam warna untuk memfasilitasi penampilan mereka di database online. Gambar yang dibuat di MS Word, MS PowerPoint, MS Excel harus disediakan dalam format aslinya. Gambar elektronik yang dibuat di aplikasi lain harus disalin dari perangkat lunak originasi dan ditempelkan ke dokumen template MS Word. Gambar foto harus disisipkan di bagian utama artikel dan berkualitas tinggi.

Tabel

Tabel harus diketik dan dimasukkan ke dalam badan utama artikel. Posisi tabel harus disisipkan dalam teks sedekat mungkin dengan titik referensi. Pastikan bahwa setiap superskrip atau tanda bintang ditampilkan di samping item yang relevan dan memiliki penjelasan terkait yang ditampilkan sebagai catatan kaki pada tabel, gambar, atau pelat.

Pedoman Naskah Submission Online

Teks manuskrip harus diserahkan melalui salah satu dari dua sistem (prosedur Kedua lebih disukai):

  1. Dokumen harus diserahkan oleh Sistem Pengajuan Online di Ghidza Media Journal Portal jurnal elektronik.
  2. Pertama, penulis harus mendaftar sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di “Daftar”.
  3. Setelah langkah pendaftaran selesai, masuk sebagai penulis, klik "Pengajuan Baru". Tahapan pengiriman artikel terdiri dari lima tahap, yaitu:  (1). Mulai, (2). Unggah Pengajuan, (3). Masukkan Metadata, (4). Unggah File Tambahan, (5). Konfirmasi.
  4. Dalam "Awal”, pilih Bagian Jurnal (Volume dan Isu terdekat akan diterbitkan), centang semua daftar periksa.
  5. Dalam "Unggah PengajuanKolom, unggah file naskah dalam format MS Word di kolom ini.
  6. Dalam "Masukkan Metadata” kolom, isi dengan semua data penulis dan afiliasi. Termasuk Judul Jurnal, Abstrak, Kata Kunci, dan Referensi.
  7. Dalam "Unggah File Tambahan”kolom, penulis diperbolehkan mengunggah file pelengkap, surat pernyataan, atau lainnya.
  8. Dalam "Konfirmasi"kolom, jika data yang anda masukkan sudah benar semua, lalu klik “Selesaikan Pengajuan”.
  9. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengajuan melalui sistem online, silahkan hubungi Jurnal Ghidza Media Journal tim redaksi di prodigizi@umg.ac.id