PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL: STUDI KASUS DI SMK NURUL ISLAM GRESIK

Authors

  • Muhammad Sidiq Ardyatna Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muyasaroh Muyasaroh Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v23i2.5430

Keywords:

pendidikan, agama Islam, multicultural

Abstract

masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMK Nurul Islam Gresik? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMK Nurul Islam Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interviu dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMK Nurul Islam adalah setiap siswa yang beragama non-Islam diberi kebebasan untuk ikut di dalam kelas sebagai peserta pasif atau meninggalkan kelas dan diarahkan ke perpustakaan, dan GPAI yang ada juga membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan juga sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural berjalan seperti biasanya dan telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh GPAI yang ada.
Kata Kunci: pendidikan, agama Islam, multicultural

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Ardyatna, M. S., & Muyasaroh, M. (2022). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL: STUDI KASUS DI SMK NURUL ISLAM GRESIK. Tamaddun, 23(2), 135–150. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v23i2.5430

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>