EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 2 PADA PESERTA DIDIK KELA VI SDN MARGOANYAR

Authors

  • Yuditya Puspasari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1128

Keywords:

Efektivitas, metode role playing, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode role playing pada proses pembelajaran tema 2 di SDN Margoanyar. Berdasarkan informasi awal yang penulis dapatkan proses pembelajaran tema 2 di sekolah tersebut belum efektif. Ketidak efektivan dalam proses pembelajaran diakibatkan masih mengunakan metode konvensional dan minat belajar peserta didik dalam materi pada tema 2 masih kurang. Hal ini juga mengakibatkan hasil pembelajaran pada tema 2 tidak maksimal. Berdasarkan data sementara yang diperoleh, sebagian besar peserta didik belum memenuhi nilai KKM, dalam tema 2 nilai Ketuntasan Kriteria Minimumnya adalah 70. Subjek penelitian terdapat sebanyak 16 orang peserta didik yang terdiri dari 7 perempuan dan 9 laki- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tema 2. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, didapatkan peningkatan tes hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2019-05-30

How to Cite

Puspasari, Y., & Marzuki, I. (2019). EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 2 PADA PESERTA DIDIK KELA VI SDN MARGOANYAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 54–61. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1128

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.