PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MONTESSORI PADA MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS II SD
Abstract
Matematika merupakan bidang studi yang mendukung ilmu perkembangan, pengetahuan dan teknologi, namun pembelajaran yang dilaksanakan di kelas secara umum masih monoton dan belum menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas alat peraga PALIAN (Papan Perkalian) berbasis montessori. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan oleh Borg dan Gall dengan lima tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan awal, dan revisi produk. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru, dan peserta didik. Kualitas alat peraga PALIAN (Papan Perkalian) diperoleh dari hasil validasi ahli media adalah 79,16 dengan kategori “Baik”. Ahli materi memberikan skor 84,37 dengan kategori “Sangat Baik”. Ahli pembelajaran memberikan skor 82,82 dengan kategori “Sangat Baik”. Guru memberikan skor 93,76 dengan kategori “Sangat Baik”. Serta peserta didik memberikan skor 90 dengan kategori “Sangat Baik”. Secara keseluruhan, skor penilaian yang diberikan masuk pada kategori “Sangat Baik”. Hasil ini menunjukan bahwa alat peraga Palian (Papan Perkalian) memiliki dampak positif dalam membantu peserta didik memahami materi perkalian
Kata Kunci: alat peraga, matematika, montessori, perkalian