ETHNOMATHEMATICS EXPLORATION OF EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA GAME RUMAH DHURUNG PADA MATEMATIKA DASAR

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA GAME RUMAH DHURUNG PADA MATEMATIKA DASAR

  • Frisca Ineke Dwi Rahayu Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan rumit, jadi melalui game Edukasi berbasis Etnomatematika tersebut diharapkan Game tersebut dijadikan sebagai penghibur anak sekaligus juga sebagai media pembelajaran matematika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan media Game Edukasi berbasis Etnomatematika dan 2) mengetahui keefektifan media Game Edukasi berbasis Etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman tentang Luas dan Keliling Bangun Datar pada peserta didik kelas V di UPT SDN 51 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method (metode campuran). Data kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan pemahaman materi dasar peserta didik setelah menggunakan Game edukasi yang telah dikembangkan melalui kegiatan observasi dan interview pada peserta didik. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil skoring yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, serta pengguna untuk mengetahui penilaian kelayakan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa : 1) persentase kelayakan materi sebesar 92%, 2) persentase kelayakan media sebesar 88%, 3) setelah diujicobakan pada peserta didik kelas v di UPT SDN 51 Gresik media Game Edukasi berbasis Etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman mengenai luas dan keliling bangun datar, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai pre test sebesar 42,5 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 78,12.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2024
How to Cite
RAHAYU, Frisca Ineke Dwi. ETHNOMATHEMATICS EXPLORATION OF EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA GAME RUMAH DHURUNG PADA MATEMATIKA DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 53-65, may 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/7065>. Date accessed: 19 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.7065.
Section
Articles