PENGEMBANGAN BUKU KABAJA (KAMUS BAHASA JAWA) BERGAMBAR KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM

Authors

  • Errina Romadhona Shal Sabila Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3536

Keywords:

Buku Kamus Bergambar, model 4D, Bahasa Jawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum dan mengetahui kevalidan buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum. Penelitian dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Yosowilangun. Model yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni model 4-D dengan modifikasi oleh peneliti hingga menjadi tiga tahapan diantaranya tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Analisis data yang digunakan yakni analisis kevalidan buku KABAJA. Aspek yang dinilai yakni aspek kelayakan bahasa, materi dan kegrafikaan. Hasil akhir penilaian yang diberikan oleh validator terhadap buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum adalah 89,33 dan termasuk pada kategori sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran bahasa jawa peserta didik kelas II MI Roudlotul Ulum

Downloads

Published

2022-01-10

How to Cite

Shal Sabila, E. R. (2022). PENGEMBANGAN BUKU KABAJA (KAMUS BAHASA JAWA) BERGAMBAR KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 5(2), 104–114. https://doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3536

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.