PENGEMBANGAN BUKU KABAJA (KAMUS BAHASA JAWA) BERGAMBAR KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM

  • Errina Romadhona Shal Sabila Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum dan mengetahui kevalidan buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum. Penelitian dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Yosowilangun. Model yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni model 4-D dengan modifikasi oleh peneliti hingga menjadi tiga tahapan diantaranya tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Analisis data yang digunakan yakni analisis kevalidan buku KABAJA. Aspek yang dinilai yakni aspek kelayakan bahasa, materi dan kegrafikaan. Hasil akhir penilaian yang diberikan oleh validator terhadap buku KABAJA pada mata pelajaran bahasa jawa kelas II MI Roudlotul Ulum adalah 89,33 dan termasuk pada kategori sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran bahasa jawa peserta didik kelas II MI Roudlotul Ulum

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 10, 2022
How to Cite
SHAL SABILA, Errina Romadhona. PENGEMBANGAN BUKU KABAJA (KAMUS BAHASA JAWA) BERGAMBAR KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 104-114, jan. 2022. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/3536>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v5i2.3536.
Section
Articles