PEMANFAAT PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI UPT SD NEGERI 02 GRESIK

Authors

  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sifa’atur Rohma Agustina Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.9167

Keywords:

Kata Kunci: media, puzzle, keaktifan, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan media puzzle dalam pembelajaran untuk keaktifan siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengmpulan data yang digunakan adalah obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Mils dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini.bertujuan .untuk mengetahui .penggunaan media puzzle .dalam .aktivitas belajr siswa dii UPT SD Negeri 02 Gresik melalui penggunaan media pembelajaran puzzle. Pemanfaatan teka teki pada mata pelajaran pedagogi Pancasila. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaaan media puzzle pada kelas 5 pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SD Negeri 02 Gresik terbukti bisa meningkatkan keaktifan siswa dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang proses pembelajarannya dirasa menyenangkan dan bermakna.

 

Kata Kunci:  media, puzzle, keaktifan, siswa

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Marzuki, I., & Agustina, S. R. (2024). PEMANFAAT PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI UPT SD NEGERI 02 GRESIK. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 8(2), 178–184. https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.9167

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.