PEMANFAAT PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI UPT SD NEGERI 02 GRESIK

  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sifa’atur Rohma Agustina Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan media puzzle dalam pembelajaran untuk keaktifan siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengmpulan data yang digunakan adalah obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Mils dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini.bertujuan .untuk mengetahui .penggunaan media puzzle .dalam .aktivitas belajr siswa dii UPT SD Negeri 02 Gresik melalui penggunaan media pembelajaran puzzle. Pemanfaatan teka teki pada mata pelajaran pedagogi Pancasila. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaaan media puzzle pada kelas 5 pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SD Negeri 02 Gresik terbukti bisa meningkatkan keaktifan siswa dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang proses pembelajarannya dirasa menyenangkan dan bermakna.


 


Kata Kunci:  media, puzzle, keaktifan, siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2024
How to Cite
MARZUKI, Ismail; AGUSTINA, Sifa’atur Rohma. PEMANFAAT PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI UPT SD NEGERI 02 GRESIK. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 178-184, dec. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/9167>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.9167.
Section
Articles