Pendidikan PENDIDIKAN LIFE SKILL ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN

  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Suryanti Suryanti Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah ingin memberi wawasan terkait pendidikan life skill di Indonesia. Metode penelitiannya adalah penelitian pustaka atau literature review. Literature diambil dari Google Schoolar, Sinta, dan Garuda, dengan kata kunci: pendidikan life skill, literasi, dan numerasi. Ada delapan artikel yang direview dan langkah pertama yang dilakukan peneliti adalah menyusun pertanyaan spesifik. Urutan pertanyaannya : 1) Bagaimanakah profil life skill lulusan sekolah di Indonesia, 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi life skill lulusan sekolah, 3) Bagaimana kompetensi life skill terutama literasi dan numerasi di sekolah dasar di Indonesia. Berdasar tiga pertanyaan ini jawabannya akan dicari peneliti pada delapan artikel yang akan direview. Hasil studi menunjukan bahwa pendidikan life skill merupakan kajian yang sangat luas dan kompleks, kajiannya tidak sebatas pada jumlah lulusan yang terserap atau belum terserap di pasar kerja. Ruang lingkup kajiaanya juga mencakup pada sistem pendidikan, mekanisme sosial, system ekonomi, dan politik yang mengitarinya. Terkait life skill di jenjang SMK dan pendidikan tinggi (kecakapan vokasional) masih banyak ruang yang harus dibenahi dan diperbaiki, demikian pula life skill di jenjang pendidikan dasar terutama terkait kecakapan literasi dan numerasi hasilnya sama perlu perbaikan yang lebih serius.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 27, 2023
How to Cite
MARZUKI, Ismail; SURYANTI, Suryanti; WIRYANTO, Wiryanto. Pendidikan PENDIDIKAN LIFE SKILL ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 18-26, june 2023. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/5661>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v7i1.5661.
Section
Articles