SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN EKADO DI DESA GINTUNGAN, KECAMATAN KEMBANGBAHU, KABUPATEN LAMONGAN

  • Sutrisno Adi Prayitno Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dwi Retnaningtyas Utami Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Maulida Safitri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Intan Iriani Dewi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elfira Oktaviani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Permasalahan gizi buruk serta stunting merupakan hal yang perlu ditanggulangi di Indonesia. Pengetahuan bahan makanan yang bergizi masih berperan dalam pencegahan kenaikan angka stunting. Beragam pangan dapat diaplikasikan ke dalam olahan makanan untuk balita. Ketidaktahuan orang tua bayi dalam penyajian makanan sehat dan bergizi baik menjadikan ketersediaan makanan bagi balita hanya berdasarkan jumlah saja tanpa melihat komposisi gizi makanan tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahanan masyarakat terkait pencegahan stunting dan peningkatan status gizi anak melalui diversifikasi olahan berbasis pangan yang memiliki protein tinggi. Hasil dari kegiatan diskusi adalah peserta secara keseluruhan dapat mengetahui beragam bahan makanan sehat bergizi yang dapat digunakan dalam pencegahan stunting, mampu mengolah ekado secara sederhana dengan tepat, hingga pengemasan dan penyimpanan. Berdasarkan hasil survey, didapatkan 21.75% peserta menyatakan sudah pernah memperoleh penyuluhan stunting dan 67.25% peserta belum pernah memperoleh penyuluhan tentang stunting, serta seluruh peserta (100%)  menyatakan puas dan memeroleh manfaat dari kegiatan PKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2023
How to Cite
PRAYITNO, Sutrisno Adi et al. SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN EKADO DI DESA GINTUNGAN, KECAMATAN KEMBANGBAHU, KABUPATEN LAMONGAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 23-30, mar. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5384>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.5384.