PENINGKATAN KAPABILITAS UMKM YANG TERGABUNG DALAM KULINER WISMA SIG DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PADA PENGUNJUNG

Authors

  • Abi Hanif Dzulquarnain Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Indro Kirono Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.4604

Keywords:

Sajian makanan, Pendampingan, Pujsera, Kuliner Wisma SIG

Abstract

Layanan di tempat makan (Pujasera) memiliki keunikan sendiri. Keunikan disini maksudnya adalah ada banyak elemen yang perlu dilibatkan agar menyampaikan layanan tersampaikan kepada pelanggan. Penekanannya tidak hanya menyediakan menu yang original dan memiliki kekhasan cita rasa dan sajian masakan, namun juga aspek seperti permainan harga, diskon, dan promo, tata letak ruang (interior), layanan penunjang seperti WIFI, hiburan musik dan lainnya. Sajian makanan menjadi salah satu kunci berhasilnya penjual ini dalam meningkatkan penjualan. Salama era pandemic masih berlangsung, kunjungan di Kuliner Wisma sangat minim, sehingga penjual pada tiap stan memerlukan strategi bagaimana meningkatkan animo kembali masyarakat dalam menikmati sajian di kuliner di tempat ini. Kegiatan menekankan pada pemberian pemahaman dan pendekatan personal aplikatif pada tiap stan dengan menekankan pada pemahaman sajian makanan (platting, garnish, utensil used, dan lainnya). Sebanyak 28 stan makanan tergabung dalam kuliner wisma dilibatkan dalam proses selama kurang lebih 3 bulan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam tampilann sajian makanan dan minuman yang mengedepankan konsep pujasera modern yang memperhatikan tidak hanya cita rasa namun estetik makanan tersebut. survei kepuasan pelanggan dilakukan sebangai bentuk evaluasi pengunjunh terhadap hsil kegiatan, dimana hasil survei ini menunjukkan respon positif dari masyarakat.

References

Drummond KE & Brefere LM. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary ProfessionalÅs, Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Page 3-4

Garrow dan James. 2010. Komponen-Komponen Cita Rasa.
http://www.landasanteori.xyz/2017/05/pengertian-cita-rasa-menurut-paraahli.html?m=1. Diakses tanggal 25 Juni 2019.

Hapsari, I. M. (2014). Identifikasi Berbagai Permasalahan Yang Dihadapi Oleh UKM Dan Peninjauan Kembali Regulasi UKM Sebagai Langkah Awal Revitalisasi UKM. Permana, V(No. 2), 43–47.

Herera, B.A. (2015). Pengaruh Cita Rasa dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pemakaian Produk Kecap ABC di Kecamatan Babab dan Ponorogo: Skripsi

Indriantoro, N dan Supomo, B. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan. Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UGM.

Kurniasari, N. D. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang JL. Sriwijaya 11 Semarang: Skripsi

Munawar, A. 2011. "Hubungan Makanan, Rasa Makanan dan Faktor Lainnya Dengan Sisa Makanan (Lunak) Pasien Kelas 3 di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung" (tesis). Jakarta: Universitas Indonesia Fakultas Kesehatan Masyarakat

Nurlinda., & Sinuraya, J. (2020). Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. ISBN 978-602-53460-5-7

Nuryanti, P, Margo U, dan Mifbakhuddin. 2008. Hubungan antara Waktu Penyajian, Penampilan dan Rasa Makanan dengan Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap Dewasa di RS Bhakti Wira Tamtama Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sari, D.B. 2012. Hubungan Penampilan Makanan dengan Faktor Lainnya dengan Sisa Makanan Pasien Kelas 3 Seruni RS Puri Cinere Depok Bulan April-Mei Tahun 2012. Universitas Indonesia. Jakarta.

Sun, C. (2007). Health concern, food choice motives, and attitudes toward healthy eating : the mediating role of food choice motives. Program of Hospitality Management & Education, Department of Human Development & Family Studies, National Taiwan Normal University, No. 162, Sec. 1, Ho-Ping East Road, Taipei 106, Taiwan

Velita, S. 2016. Pengaruh Penyajian dan Cita Rasa Makanan Terhadap Sisa Makanan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang Tahun 2016. (Tesis). Medan: Universitas Sumatra Utara Fakultas Kesehatan Masyarakat

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Dzulquarnain, A. H., & Kirono, I. (2023). PENINGKATAN KAPABILITAS UMKM YANG TERGABUNG DALAM KULINER WISMA SIG DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PADA PENGUNJUNG. DedikasiMU : Journal of Community Service, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.4604

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.