PENINGKATAN KAPABILITAS UMKM YANG TERGABUNG DALAM KULINER WISMA SIG DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PADA PENGUNJUNG
Abstract
Layanan di tempat makan (Pujasera) memiliki keunikan sendiri. Keunikan disini maksudnya adalah ada banyak elemen yang perlu dilibatkan agar menyampaikan layanan tersampaikan kepada pelanggan. Penekanannya tidak hanya menyediakan menu yang original dan memiliki kekhasan cita rasa dan sajian masakan, namun juga aspek seperti permainan harga, diskon, dan promo, tata letak ruang (interior), layanan penunjang seperti WIFI, hiburan musik dan lainnya. Sajian makanan menjadi salah satu kunci berhasilnya penjual ini dalam meningkatkan penjualan. Salama era pandemic masih berlangsung, kunjungan di Kuliner Wisma sangat minim, sehingga penjual pada tiap stan memerlukan strategi bagaimana meningkatkan animo kembali masyarakat dalam menikmati sajian di kuliner di tempat ini. Kegiatan menekankan pada pemberian pemahaman dan pendekatan personal aplikatif pada tiap stan dengan menekankan pada pemahaman sajian makanan (platting, garnish, utensil used, dan lainnya). Sebanyak 28 stan makanan tergabung dalam kuliner wisma dilibatkan dalam proses selama kurang lebih 3 bulan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam tampilann sajian makanan dan minuman yang mengedepankan konsep pujasera modern yang memperhatikan tidak hanya cita rasa namun estetik makanan tersebut. survei kepuasan pelanggan dilakukan sebangai bentuk evaluasi pengunjunh terhadap hsil kegiatan, dimana hasil survei ini menunjukkan respon positif dari masyarakat.