KOLABORASI MEDIA SOSIAL, TOKO ONLINE DAN WEBSITE UNTUK PERLUASAN PASAR SONGKOK LUKIS NUSANTARA DI KABUPATEN GRESIK
Abstract
Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar pada mitra yaitu Songkok Lukis Nusantara yang berada di Kabupaten Gresik. Produk songkok ini cukup potensial untuk dikembangkan karena dapat memproduksi songkok sesuai dengan permintaan konsumen yang mana dalam proses pembuatannya melibatkan masyarakat sekitar. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan cara berdiskusi bersama dalam menentukan permasalahan mitra dan solusi yang ditawarkan kepada mitra. Berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan, untuk mengatasi permasalahn mitra, maka dilaksanakannya kegiatan pelatihan dan pendampingan pada pengoptimalan dan pengelolaan website e-commerce yang lebih komersial, pembuatan toko online untuk menambah pangsa pasar, pelatihan dan pendampingan pada inovasi pembuatan songkok yang berbahan kain goni serta pelatihan dan pendampingan dalam menentukan harga pokok produksi agar diperoleh harga dasar barang yang tentunya memudahkan bagi mitra untuk menentukan tingkat keuntungan yang diinginkan. Meningkatnya usaha juga berdampak pada kewajiban perpajakan yang harus dilakukan oleh mitra. Pada kegiatan ini juga dilakukan pelatihan mengenai informasi perpajakan khususnya perpajakan bagi UMKM.